Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras dan Angin Kencang, Pengemudi Wajib Ekstra Waspada

Kompas.com - 05/01/2024, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang kerap terjadi secara tiba-tiba di sejumlah wilayah Indonesia. Kondisi ini menimbulkan banyak kejadian yang tak terduga, seperti pohon, papan reklame, ataupun benda lain yang berada di atas.

Hal tersebut tentu berbahaya, sebab bisa menimpa pengendara sepeda motor maupun mobil yang sedang melintas di jalan raya.

Seperti contoh kasus yang baru saja terjadi di Stasiun Yogyakarta. Hujan deras beserta angin kencang yang terjadi di kawasan tersebut pada Kamis (4/1/2024) membuat atap kanopi di lokasi roboh. Atap tersebut berada di drop zone sisi selatan Stasiun Tugu Yogyakarta.

Baca juga: Video 2 Mobil Penyok Kejar-kejaran di Tol, Ternyata Ditabrak Truk

“Karena hujan deras dan angin kencang, tiang-tiang penyangga yang terbuat dari pipa besi mengalami bengkok dan patah sehingga kanopi turun ke bawah,” ucap Manager Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, dikutip dari Kompas.com.

Kanopi yang jatuh tersebut menimpa 5 mobil pelanggan hingga mengalami kerusakan ringan.

Pemotor berteduh di fly over Foto: Humas Polda Metro Jaya Pemotor berteduh di fly over

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, ada beberapa kondisi saat hujan dan disertai angin kencang yang bisa memporak porandakan material yang dilewati oleh pengendara.

“Berlindung di bawah pohon, kanopi atau penutup yang tidak permanen itu tidak sepenuhnya aman dan ada bahayanya, karena rata-rata mudah rapuh,” ucap Sony, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/1/2024).

Baca juga: Daftar Motor Sport 250 cc per Januari 2024, Harga mulai Rp 36 Jutaan

Untuk itu, Sony menyarankan pengendara untuk selalu merasa waspada dan jangan pernah merasa aman.

“Begitu pun saat berkendara, arahkan mata ke sekeliling terutama atas, karena ada kemungkinan tertimpa material-material yang terbang atau rapuh. Kunci dari itu semua adalah kewaspadaan yang tinggi sehingga bisa melakukan antisipasi dengan benar,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com