Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TransJakarta Akan Beroperasi 24 Jam Saat Malam Tahun Baru 2024

Kompas.com - 30/12/2023, 06:42 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) akan beroperasi selama 24 jam saat malam Tahun Baru 2024.

Direktur Operasional & Keselamatan PT TransJakarta, Daud Joseph mengatakan, TransJakarta telah menjangkau begitu besar begitu luas spektrum dari kegiatan warga DKI Jakarta, sehingga saat malam tahun baru akan memperpanjang jam layanan.

“Di tanggal 31 (Desember 2023) sesuai dengan arahan dari Pemprov DKI Jakarta, bahwa TransJakarta akan memperpanjang pelayanan sampai jam 2 pagi,” ucap Joseph dalam keterangan resminya, Jumat (28/12/2023).

Baca juga: Libur Akhir Tahun, Polisi Imbau Masyarakat Soal Manajemen Perjalanan

Ilustrasi Transjakarta.KOMPAS.com/JOY ANDRE T Ilustrasi Transjakarta.

Joseph juga menambahkan, saat akhir tahun di atas jam 12 kegiatan hiburan semakin naik. Sehingga membutuhkan layanan transportasi umum.

“Ketika pergantian tahun di situlah saat-saatnya di mana warga masyarakat berkumpul di beberapa tempat-tempat, sehingga sangat penting ada sistem transportasi atau ada layanan angkutan umum, menghubungkan mereka untuk datang menuju tempat itu ataupun pulang dari sana,” ucap Joseph

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Departemen Humas dan CSR PT TransJakarta Wibowo mengatakan penambahan jam operasional TransJakarta untuk mempermudah mobilitas masyarakat Jakarta yang akan merayakan malam pergantian tahun.

Baca juga: Apakah Motor Listrik Honda EM1 e: Bisa Menerobos Banjir?

Bus transjakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta diuji coba perdana, Rabu (5/7/2023). KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI Bus transjakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta diuji coba perdana, Rabu (5/7/2023).

Kemudian, guna mempermudah masyarakat yang ingin mengunjungi malam pergantian Tahun Baru 2023 dan Car Free Night (CFN) yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, TransJakarta melakukan perpanjang jam operasional di empat rute non BRT (non koridor), yakni:

  1. Pantai Maju-Balaikota (1A)
  2. Harmoni-Ancol (5H)
  3. TMII Tegal Parang (7D)
  4. Ciputat CSW (S21)

Baca juga: Daihatsu Pastikan Produksi dan Distribusi di Indonesia Berjalan Normal

Pada malam tahun baru, keempat rute ini akan beroperasi hingga 02.00 WIB dari sebelumnya hanya sampai 22.00 WIB.

“Keempat rute ini merupakan rute yang bersinggungan dengan titik keramaian. Sehingga pelanggan yang merayakan tahun baru di lokasi-lokasi tersebut tidak perlu khawatir karena kami siap mengantar sampai ke tujuan dengan aman dan nyaman,” ucap Wibisono dalam keterangan resminya, Jumat (29/12/2023).

Baca juga: Jangan Panik, Ini Penanganan jika Kampas Rem Mobil Habis di Jalan Tol

Selain itu, terdapat penambahan unit sebanyak 30 bus ke jaringan Bus Rapid Transit (BRT), seperti Blok M-Kota (Koridor 1), Pulogadung-Monas (Koridor 2), Kalideres-Monas (Koridor 3), Kampung Melayu Ancol (Koridor 5).

Lalu ada, Ragunan Dukuh Atas 2 (Koridor 6), Kampung Rambutan-Kampung Melayu (Koridor 7), Lebak Bulus-Pasar Baru (Koridor 8) dan Pinang Ranti-Pluit (Koridor 9).

Wibowo juga mengatakan, akan ada penyesuaian layanan TransJakarta selama CFN yang berlangsung mulai pukul 19.00-01.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com