Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Power Window Macet dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 28/12/2023, 14:02 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Power window merupakan sistem pengangkat kaca otomatis yang menggunakan tenaga listrik untuk membuka dan menutup jendela mobil.

Fitur power window ini telah menjadi standar pada banyak mobil modern, dan memungkinkan pengemudi dan penumpang mengontrol kaca jendela dengan mudah melalui sakelar atau tombol dalam kendaraan.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa fitur ini dapat mengalami kerusakan, sehingga menyulitkan pengguna karena jendela tidak dapat dibuka atau ditutup sepenuhnya.

Baca juga: Bisa Dilakukan Sendiri, Begini Cara Mengisi Air Radiator yang Benar

power windowKompas.com/Erwin Setiawan power window

Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic Iwan mengatakan, kerusakan pada power window biasa terjadi karena sakelar aus atau terbakar.

Kerusakan power window yang tidak bisa naik atau turun, pada umumnya ada kerusakan dari sakelar yang aus atau terbakar, beberapa dari motor drivernya, atau paling ringan dari sekeringnya,” ujar Iwan kepada Kompas.com, Rabu (27/12/2023).

Iwan menyarankan, bagi pemilik mobil untuk memperhatikan kebersihan pada power window agar awet dan tidak mudah rusak.

Baca juga: Kapan Waktu Tepat Servis Karburator Mobil Jadul?

gunakan semprotan silikon untuk melumasi karet jendela mobilKompas.com/Erwin Setiawan gunakan semprotan silikon untuk melumasi karet jendela mobil

“Hal yang mudah dilakukan pemilik mobil supaya power window awet, yaitu dengan menjaga kebersihan dari run channel power window, caranya bisa dengan menyemprot secara rutin cairan pembersih khusus berbahan silikon,” ujar Iwan.

Baca juga: Mau Awet, Ini 7 Poin Penting Perawatan Motor Listrik

Selain itu, Iwan menjelaskan kotoran pada power window ini membuat jendela seret saat naik, apalagi ketika terkena air hujan.

“Power window bekerja berat kalau ada hambatan di run channel, akibatnya motor driver atau sakelar bisa terbakar atau paling ringan sekering putus,” ujar Iwan.

Iwan menghimbau, bagi pemilik mobil bisa membersihkan power window setidaknya setiap satu bulan sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com