Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Kartu Tol Jangan Sampai Hilang, Ancaman Denda Dua Kali Lipat | Apa Benar Mobil FWD Lebih Mudah Melibas Tanjakan?

Kompas.com - 26/12/2023, 06:04 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak masyarakat yang berlibur ke luar kota pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini. Sebagian besar melalui jalan Tol Trans Jawa untuk ke daerah-daerah tujuannya.

Selain harus memperhatikan kondisi mobil, setiap pengendara juga wajib untuk memastikan keberadaan uang elektronik atau kartu tolnya.

Pasalnya, jalan tol luar kota pada umumnya menggunakan sistem tertutup. Sistem tersebut membutuhkan satu kartu untuk satu kendaraan.

Kemudian, sistem penggerak roda depan (FWD) banyak dijumpai pada mobil-mobil modern pasalnya lebih efisien dan lebih baik dalam mentransfer tenaga mesin ke masing-masing roda penggerak.

Sayangnya, mobil dengan sistem FWD akan lebih mudah mengalami selip ketika menanjak, terlebih lagi pengemudi terlalu dalam menginjak pedal gas.

Baca juga: Ketahui Seberapa Kuat Ban Sebelum Ganti Ukuran, Disebut Load Index

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 25 Desember 2023:

1. Kartu Tol Jangan Sampai Hilang, Ancaman Denda Dua Kali Lipat

Ilustrasi uang elektronik atau kartu tolKompas.com/Donny Ilustrasi uang elektronik atau kartu tol

Jadi, tidak bisa meminjam kartu tol milik orang lain atau kartu tol yang berbeda. Jaga kartu tol agar tidak sampai hilang. Sebab, jika sampai hal tersebut terjadi, pengendara bisa dikenakan denda yang cukup tinggi.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 30 Tahun 2017 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol Pasal 86 ayat 2 yang berbunyi:

 

Baca juga: Kartu Tol Jangan Sampai Hilang, Ancaman Denda Dua Kali Lipat

2. Apa Benar Mobil FWD Lebih Mudah Melibas Tanjakan?

Hyundai Stargazer gagal menanjak di Sitinjau Lauikscreenshoot/Instagram SitinjauLauik_ID Hyundai Stargazer gagal menanjak di Sitinjau Lauik

Tapi, kebanyakan produsen mobil sudah melengkapi fitur asisten pengemudi sehingga tanpa keahlian khusus mobil-mobil FWD mudah saja dikendarai meski saat menanjak.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving (JDDC), mengatakan, mobil penggerak roda depan lebih rawan selip saat melewati tanjakan atau jalan licin. Namun ada cara tersendiri ketika ingin membawa kendaraan melewati rintangan yang licin.

Baca juga: Apa Benar Mobil FWD Lebih Mudah Melibas Tanjakan?

3. PO Vido Trans Nusa Kembali Luncurkan 6 Unit Bus Baru

Bus baru PO Vido TransInstagram @garasi_bus_adiputro Bus baru PO Vido Trans

Perusahaan otobus (PO) Vido Trans Nusa kembali meluncurkan bus baru berjumlah enam unit. Vido Trans merupakan divisi bus pariwisata milik PO Gumarang Jaya.

Bila beberapa waktu lalu bus baru PO asal Lampu itu menggunakan bodi rakitan Karoseri Laksana, kali ini menggunakan buatan Karoseri Adiputro.

Baca juga: PO Vido Trans Nusa Kembali Luncurkan 6 Unit Bus Baru

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com