Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Mobil FWD Tidak Selip di Tanjakan Saat Dipakai Libur Nataru 2023

Kompas.com - 24/12/2023, 14:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Kondisi jalan selama libur Natal dan Tahun Baru tidak selamanya landai, khususnya bagi pelancong yang berwisata ke tempat-tempat dingin seperti pegunungan.

Sejumlah tempat wisata di Indonesia memang terletak di tempat-tempat terpencil sebut saja seperti Puncak Bogor, Gunung Kidul di Yogyakarta, Lembang di Bandung dan masih banyak lagi.

Sehingga, pengguna mobil penggerak roda depan (FWD) harus memiliki kemampuan khusus agar roda depan tidak selip saat digunakan menanjak.

Baca juga: Fitur Ini Bikin Mobil Jago Menanjak meski Bukan RWD

Hyundai Stargazer gagal menanjak di Sitinjau Lauikscreenshoot/Instagram SitinjauLauik_ID Hyundai Stargazer gagal menanjak di Sitinjau Lauik

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving (JDDC) mengatakan, mobil FWD lebih rawan selip saat melewati tanjakan, terlebih lagi kondisinya licin sehingga diperlukan skill khusus.

“Ketika ingin melewati rintangan yang licin atau menanjak, jangan menginjak pedal gas terlalu dalam karena penggerak roda depan itu lebih mudah kehilangan cengkraman. Jika ban mobil sudah spin, kendaraan justru akan merosot di tanjakan, atau diam ditempat,” kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

“Untuk memulainya, pastikan roda berputar secara perlahan. Gunakan juga rem tangan untuk menahan kendaraan tidak merosot saat mobil mulai bergerak, lalu turunkan rem tangan dan tekan gas secara halus dan bertahap, jangan buru-buru menginjak pedal gas.” ucap Jusri.

Baca juga: Ngelitik pada Avanza Reborn Memengaruhi Tenaga Saat Menanjak

Video viral di media sosial Suzuki XL7 kesulitan di jalan menanjak.Foto: Tangkapan layar Video viral di media sosial Suzuki XL7 kesulitan di jalan menanjak.

Jusri juga menambahkan, ketika melewati permukaan yang licin, gunakan putaran mesin yang rendah. Bisa dilakukan dengan menempatkan gigi transmisi pada satu tingkat lebih tinggi dibanding berjalan di jalan biasa.

“Posisikan gigi lebih tinggi satu tingkat, misalnya jika berjalan 40 km/jam di jalan biasa menggunakan gigi 2, di jalan licin bisa menggunakan gigi 3. Hal tersebut dikarenakan mobil FWD memiliki traksi terhadap permukaan jalan lebih kecil, jadi harus bertahap,” ujar Jusri.

Nah, itu tadi cara agar mobil penggerak roda depan tidak mengalami selip saat menanjak yakni dengan menjaga traksi atau cengkraman tapak ban terhadap permukaan jalan saat roda penggerak berputar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com