Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potret Tren Modifikasi Mobil Indonesia Sepanjang 2023

Kompas.com - 24/12/2023, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tahun 2023 mulai banyak produsen otomotif menyajikan pilihan kendaraan ramah lingkungan, mulai dari berteknologi hibrida hingga battery electric vehicle (BEV).

Kemunculan kendaraan elektrifikasi turut mempengaruhi minat dan gaya hidup masyarakat Indonesia dalam memodifikasi kendaraan.

Jika sebelumnya konsep ekstrem untuk keperluan kontes banyak dipilih oleh pehobi otomotif, dua tahun belakangan ini tren modifikasi justru mengarah pada arah yang lebih sederhana dan mengutamakan fungsionalitas.

Baca juga: Ingat, Beli Tiket Feri untuk Nataru Paling Lambat H-1 Keberangkatan

Tren tersebut tak terlepas dari pandemi Covid-19 yang turut mengubah minat dan gaya hidup masyarakat Indonesia.

Namun, pada 2023, banyak modifikator yang kembali menggarap kendaraannya dengan serius mengusung konsep ekstrem.

Bodykit Ioniq 5 garapan Coga Bodykitdok pribadi Andra Platinum Auto Workshop (PAW) Bodykit Ioniq 5 garapan Coga Bodykit

Reindy Riupassa, pentolan rumah modifikasi BTX Concept, mengatakan, tahun lalu menjadi era pemanasan bagi para modifikator. Melihat kondisi yang sudah mulai membaik usai pandemi, para modifikator mulai kembali serius menggarap modifikasi dengan konsep ekstrem.

“Mengenai tren modifikasi 2003 ini, highlight mobil di Indonesia semakin ramai dengan bangkitnya lagi setelah lama pandemi Covid-19. Di tahun 2023 ini juga banyak lahir bodykit baru ciptaan anak bangsa, seperti BTX Air EV, Demonsta, dan Karma,” kata Reindy, kepada Kompas.com, Minggu (23/12/2023).

Hal ini tentu menjadi pertanda baik bagi perkembangan modifikasi mobil di Tanah Air, di mana banyak produk lokal yang sudah unjuk gigi dan bisa diperjualbelikan tidak hanya untuk pasar Indonesia.

Baca juga: Investasi Besar, Yamaha Rekrut Eksper dari Ducati

Reindy juga melanjutkan, pada 2023 ini, modifikasi mobil juga berfokus sisi fungsional. Tidak hanya keren secara visual, tetapi juga nyaman ketika digunakan untuk harian.

Selain itu, tren penggunaan cat mobil yang sebelumnya didominasi oleh metalik, bunglon, atau candy, mulai bergeser.

“Pemilihan warna di tahun 2023 ini, warna-warna pastel dan solid lebih mendominasi, dibandingkan warna bunglon, candy, metalik yang sudah mulai padam,” kata Reindy.

Pada tahun ini, tren modifikasi kendaraan listrik juga mulai menjamur. Ini sejalan dengan akselerasi pemerintah dalam penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Tentunya, industri modifikasi, aksesori serta aftermarket akan turut menyesuaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com