Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Terjebak Macet, Ini Prediksi Puncak Arus Mudik dan Balik Nataru

Kompas.com - 20/12/2023, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur akhir tahun sudah di depan mata. Diprediksi jumlah pergerakan masyarakat yang akan berpergian ke luar kota meningkat dari tahun lalu.

Berdasarkan hasil survei yang pernah diinformasikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pengguna mobil pribadi masih mendominasi dibanding yang menggunakan moda transportasi lainnya.

Untuk prediksi jalur yang paling banyak dilalui pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 adalah Tol Trans Jawa dengan persentase 31,66 persen, Tol Cipularang 19,12 persen, dan Tol Jagorawi 15 persen.

Baca juga: Cara Lewat Tol Japek II Selatan yang Dibuka Fungsional Saat Nataru

Sementara untuk puncak arus mudik diprediksi bakal terjadi dalam dua periode yaitu, puncak arus Natal dan puncak arus Tahun Baru.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga)

Untuk puncak arus mudik natal diprediksi terjadi mulai 22-23 Desember 2023. Sementara arus baliknya pada 26-27 Desember 2023.

Sedangkan puncak arus mudik tahun baru terjadi pada 29-30 Desember 2023 dan puncak arus baliknya terjadi pada 1-2 Januari 2024.

Baca juga: Tol Japek II Selatan Dibuka Fungsional untuk Arus Balik Nataru

GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek.

Dengan adanya prediksi tersebut, untuk menghindari kepadatan lalu lintas ada baiknya masyarakat yang akan berpergian menghindari tanggal-tanggal yang diperkirakan jadi puncak arus mudik dan balik, baik saat Natal dan Tahun Baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com