Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tarif Tol Trans-Jawa Terbaru Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 16/12/2023, 08:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih didominasi kendaraan pribadi, pemerintah memprediksi pergerakan lalu lintas saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, bakal mengalami kenaikan signifikan dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

Berdasarkan survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) yang sempat diuraikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), untuk mobil pribadi diprediksi sebanyak 39,97 juta orang atau 35,57 persen.

Sementara untuk kota tujuan terbesar didominasi lima wilayah, yakni Jawa Timur, Jawa tengah, Jawa Barat, Jabodetabek, dan Yogyakarta.

Baca juga: Tol Japek II dan Tol Solo-Yogyakarta Dibuka Fungsional

Nah, bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik Natal dan Tahun Baru menggunakan mobil pribadi, khususnya yang melewati Jalan Tol Trans-Jawa, ada baiknya mengetahui dulu besaran tarif hingga kota tujuan.

Kondisi lalu lintas arus mudik Lebaran 2023 pada malam hari di Gerbang Tol Cikampek Utama, Selasa (18/4/2023).Dok. Jasa Marga Kondisi lalu lintas arus mudik Lebaran 2023 pada malam hari di Gerbang Tol Cikampek Utama, Selasa (18/4/2023).

Hal ini penting dilakukan agar sebelum melakukan perjalanan bisa mempersiapkan saldo uang elektronik. Apalagi beberapa waktu lalu sempat ada kenaikan tarif, sehingga bisa mengantisipasi dari masalah kekurangan saldo.

Dikutip dari akun Instagram resmi Jasa Marga, @official.jasamarga, berikut besaran tarif untuk kendaraan Golongan I yang akan melewati Tol Trans-Jawa, khususnya dari Jakarta menuju Cirebon, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya ;

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga)

 

  • Jakarta (via Jalan Tol Jakarta-Cikampek) - Semarang (via GT Kalikangkung) Rp 431.000

 

  • Jakarta (via Jalan Tol Jakarta-Cikampek) - Solo/Yogyakarta (via GT Colomadu) Rp 524.000

 

  • Jakarta (via Jalan Tol Jakarta-Cikampek) - Surabaya (via GT Warugunung) Rp 841.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com