Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Konsumsi BBM Accord RS Hybrid dan Camry Hybrid di Atas Kertas

Kompas.com - 10/12/2023, 14:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Accord RS Hybrid resmi meluncur di Indonesia. Accord generasi ke-11 tersebut merupakan mobil hybrid kedua Honda di Indonesia yang meluncur usai CR-V Hybrid.

Secara kelas Honda Accord bisa disandingkan dengan Toyota Camry, yang mana sejak beberapa tahun belakangan ini Camry sudah menggunakan mesin hibrida gabungan mesin bensin dan elektrik.

Baca juga: Ditilang karena Lupa Bawa SIM, Bolehkan Ambil SIM Dulu di Rumah?

Kompas.com akan mencoba membandingkan seberapa irit konsumsi BBM dua mobil tersebut. Meski konsumen Accord RS Hybrid dan Camry Hybrid pada dasarnya berkantung tebal namun adu spesifikasi tetap perlu dilakukan.

Toyota Camry HybridDok. KOC 2021 Toyota Camry Hybrid

Sebagai penjelasan di awal, angka konsumsi BBM untuk Accord RS Hybrid berdasarkan klaim pabrikan sebab redaksi Kompas.com belum mengetes sendiri. Sedangkan untuk Camry Hybrid berdasarkan tes internal Jakarta-Yogyakarta pada 2021.

Yusak Billy, Direktur Penjualan dan Marketing serta Purnajual Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan, angka konsumsi BBM 25,6 Km per liter itu hasil uji internal dan seharusnya lebih tinggi saat dipakai di jalan.

"Ini satu liter bisa 25,6 Km atau 92 gram CO2 per kilometer, itu pengujian. Tapi aktualnya sama seperti CR-V hybrid yang sama dengan Brio tapi fakta di lapangan saya pernah bawa di Bali itu 25,6 Km per liter," kata Billy di Jakarta.

Baca juga: MotoGP Ingin Gelar Dua Balapan di AS

"Hasil aktualnya kita belum coba. Harusnya bisa lebih irit," ujarnya.

Di atas kertas, angka 25,6 km per liter sudah mengalahkan konsumsi BBM LCGC yang dipatok sebesar 20 Km per liter.

All-New Honda Accord e:HEVKompas.com/Adityo Wisnu All-New Honda Accord e:HEV

Accord RS Hybrid mengusung sistem gabungan dua mesin. Tenaga disuplai mesin pembakaran dalam 4-silinder siklus Atkinson 1.993 cc dan motor listrik atau dinamo.

Mesin konvensional mampu menghasilkan tenaga 144 Tk dan torsi 182 Nm. Adapun motor listrik diklaim menghasilkan 135 kW atau setara 181 Tk dan torsi 335 Nm. Sehingga secara kombinasi mampu menghasilkan 204 Tk.

Adapun untuk Camry Hybrid, redaksi Kompas.com menggunakan metode full-to-full dan bahan bakar menggunakan Pertamax.

Baca juga: Kenapa Aki Tekor Bisa Bikin Mobil Boros BBM?

Pada layar MID, dalam perjalanan menuju Yogyakarta, Camry Hybrid menempuh jarak sejauh 608,2 kilometer. Sedangkan, BBM yang dikonsumsi totalnya 34,1 liter. Diambil rata-ratanya, maka konsumsi BBM Toyota Camry Hybrid mencapai 17,8 kilometer per liter.

Toyota Camry HybridKompas.com/Donny Toyota Camry Hybrid

Sebagai catatan tim Kompas.com tidak menggunakan teknik eco driving dan berkendara dilakukan secara normal. Selain itu, mode berkendara yang digunakan juga dinamis alias berganti-ganti antara Eco, Normal, dan Sport.

Baca juga: Pengikat Terminal Aki Kendur Bisa Bikin Masalah pada Mobil

Meski demikian, konsumsi BBM sedan mewah ini termasuk irit. Sebab, didukung oleh motor listrik dari teknologi hybrid Toyota.

Motor listriknya bekerja ketika mobil melaju pada kecepatan di bawah 40 kilometer per jam. Jadi, saat di kemacetan, motor listrik langsung mengambil alih tugas mesin bensin. Sehingga, efisiensi bahan bakar bisa lebih ditingkatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com