Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Honda WR-V di Trek Khusus Bridgestone Proving Ground

Kompas.com - 08/12/2023, 14:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda WR-V resmi menjadi penantang terbaru di kelas sport utility vehicle (SUV) subkompak A, atau lebih dikenal dengan julukan SUV ringkas.

Mengusung mesin 1.500 cc, Honda WR-V menjadi mobil yang paling bertenaga dibandingkan beberapa rival utama, seperti Toyota Raize, Daihatsu Rocky, bahkan Hyundai Creta.

Berdasarkan data di atas kerta, dapur pacu WR-V mampu menghasilkan tenaga sebesar 121 Ps atau setara dengan 119,2 Tk pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm di 4.300 rpm.

Baca juga: Waspada Aki Soak, Ingat Honda Vario Tidak Punya Starter Engkol

Tim Kompas.com pun berkesempatan menjajal secara langsung performa WR-V 1.5L E CVT di Bridgestone Proving Ground, Karawang, Jawa Barat, belum lama ini.

Saat mengetes ada beberapa rintangan yang dilalui, seperti belokan tajam, jalan yang bergelombang, serta berputar di lintasan basah. Hal ini dilakukan untuk merasakan handling dari kendaraan.

Honda WR-VKompas.com Honda WR-V

Dari putaran bawah, tenaga yang dihasilkan cukup responsif. Ketika menginjak pedal gas lebih dalam, terdengar deru mesin masuk ke interior, namun tak butuh waktu lama bagi WR-V menyentuh kecepatan 100 kpj.

Berdasarkan pengujian tim redaksi, mobil ini hanya membutuhkan waktu 12,1 detik untuk berakselerasi dari 0-100 Km.

Ketika tim redaksi melintas di belokan tajam dengan kecepatan 40 Kpj, handling terasa begitu baik. Hal ini tak terlepas dari peran sasis, rancang bangun bodi, kemudi yang responsif serta dukungan suspensi MacPherson Strut pada bagian depan dan High-Torsional Rigidity U shape beam di belakang.

Honda WR-VKompas.com Honda WR-V

Begitu pun saat melintas di jalan basah, kontrol traksi dan daya cengkeram ban atau grip berfungsi dengan baik, sehingga mobil lebih stabil saat dikendarai.

Baca juga: Tiga Faktor yang Bikin Kendaraan Niaga Tetap Laku di Pasar

Meski mobil ini memiliki ground clearance 220mm yang tertinggi di kelasnya, efek body roll dan limbung yang dimiliki WR-V terasa sangat minim.

Namun, harus diakui bantingan suspensi memang sedikit keras untuk ukuran SUV perkotaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com