Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Mobil Bergaya Off Road, Wajib Punya Aksesori Ini

Kompas.com - 08/12/2023, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pemilik kendaraan penggerak semua roda atau 4x4 menggunakan mobilnya untuk kegiatan bertualang atau adventure. Tentunya untuk menunjang aktivitas tersebut, ada beberapa aksesori yang ditambahkan.

Bagi pemilik kendaraan yang baru ingin terjun memodifikasi mobil bergaya offroad, ada beberapa aksesori sebaiknya dimiliki untuk menunjang kendaraan melewati medan yang berat.

Ully Ashidiqi, Manager Lamban Garage, toko spesialis suku cadang dan aksesori 4x4, mengatakan, setidaknya ada tiga aksesori yang wajib disematkan pada mobil offroad.

Baca juga: Daftar Harga Oli Transmisi Mobil Matik Desember 2023

Aksesori yang wajib ada di mobil offroad, pertama winch, roll cage 6 titik, dan ban ekstrem,” ucap Ully, kepada Kompas.com, Kamis (7/12/2023).

Winch biasanya terletak di bumper depan mobil offroad yang berfungsi sebagai penarik beban dengan posisi horizontal saat mobil dalam kondisi stuck. Aksesori ini sangat membantu dalam situasi mobil ketika terjebak di lumpur misalnya.

Salah satu mobil off road harus ditarik dengan menggunakan winch mobil lainnya, karena tidak bisa melewati tanjakan.KOMPAS.COM/IDON Salah satu mobil off road harus ditarik dengan menggunakan winch mobil lainnya, karena tidak bisa melewati tanjakan.

“Winch ada tali sling untuk narik, biasanya akan dicantelkan ke pohon (winching point) untuk menyelamatkan mobil agar bisa tetap jalan,” kata Ully.

Selanjutnya adalah roll cage, rangka tambahan pada mobil yang memastikan mobil tetap stabil saat berkendara di medan yang sulit. Tak hanya itu, roll cage juga bisa mengurangi risiko kecelakaan saat berkendara pada medan berbahaya.

Baca juga: Ini Tantangan Pengembangan Transportasi Umum di Indonesia

Terakhir adalan ban ekstrem, jenis ban ini biasanya memiliki desain yang kasar dan memberikan traksi yang baik pada medan yang licin, sehingga cocok dipakai untuk jalanan offroad dengan lumpur yang lengket atau jalanan dengan bebatuan besar yang ekstrem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com