Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Accord RS Hybrid Resmi Meluncur, Harga Nyaris Rp 1 Miliar

Kompas.com - 07/12/2023, 12:00 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan Honda Accord RS Hybrid. Accord e:HEV merupakan mobil hybrid kedua Honda setelah CR-V hybrid.

Mobil dengan nama Accord e:HEV ini pertama meluncur untuk pasar Amerika Serikat. Menyusul Thailand awal Oktober 2023 sebagai negara pertama di Asia Tenggara, dan kemudian Indonesia.

Honda Accord RS Hybrid sebelumnya sudah ditampilkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Agustus lalu, saat peluncuran CR-V hybrid.

Baca juga: Peremajaan pada Bus Pariwisata Itu Sifatnya Krusial

Kotaro Shimizu, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, senang meluncurkan Accord RS Hybrid di Indonesia sebagai Accord generasi ke-11.

"New Honda Accord RS e:HEV; nenurut opini saya pribadi ini adalah sedan Accord dan sedan RS tercanggih," kata Shimizu di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Accord RS Hybrid mengusung sistem hybrid. Tenaga disuplai mesin pembakaran dalam 4-silinder siklus Atkinson 1.993 cc dan motor listrik atau dinamo.

Honda Accord RS HybridKompas.com/Gilang Honda Accord RS Hybrid

Mesin konvensional mampu menghasilkan tenaga 144 Tk dan torsi 182 Nm. Adapun motor listrik diklaim menghasilkan 135 kW atau setara 181 Tk dan torsi 335 Nm.

Sehingga secara kombinasi, sistem hybrid gabungan dua tenaga Accord e:HEV menghasilkan tenaga 204 Tk.

Tidak cuma tenaga yang jadi unggulan, sistem hybrid pda Accord e:HEV juga diklaim super irit dengan konsumsi 25 km per liter atau lebih irit dari patokan LCGC 20 km per liter.

Baca juga: Peremajaan pada Bus Pariwisata Itu Sifatnya Krusial

Sistem hybrid berjalan dalam beberapa mode, di perkotaan dengan kecepatan perlahan mobil bisa berjalan menggunakan motor listrik saja atau EV Drive Mode sehingga lebih irit.

Kemudian di kecepatan menengah mesin dan motor bekerja secara bersamaan. Sedangkan di kecepatan konstan seperti di jalan tol, bisa hanya digerakkan oleh mesin.

Honda Accord RS Hybrid dibanderol Rp 959.900.000 on the road (OTR) Jakarta, dengan nomor rangka 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com