Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Live MotoGP Valencia: Martin Tabrak Marquez, Bagnaia Juara Dunia

Kompas.com - 26/11/2023, 21:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

VALENCIA, KOMPAS.com - Nasib sial menimpa Jorge Martin di final MotoGP Valencia 2023. Di lap ketujuh pebalap Pramac Racing tersebut terjatuh karena tabrakan dengan motor Marc Marquez.

Martin yang sedang berusaha mengejar Bagnaia telat mengerem dari Marquez. Martin kemudian masuk ke gravel dan terjatuh. Perjuangannya musim ini terhenti di final MotoGP Valencia.

Di sisi lain, Francesco Bagnaia akan keluar jadi juara dunia MotoGP 2023, apa pun hasil yang didapatnya pada balapan kali ini.

Sebelumnya pada lap ketiga, pebalap Pramac Racing tersebut juga mengalami senggolan dengan Francesco Bagnaia.

Baca juga: Gresini Racing Yakin Bisa Kumpulkan Poin Lebih Banyak Lagi di Valencia

 

Martin yang ingin melakukan late braking di trek lurus justru menyenggol Bagnaia. Beruntung pebalap asal Spanyol itu tidak jatuh tapi melebar dan akhirnya posisinya turun ke posisi delapan.

Untuk diketahui saat ini Martin mengumpulkan 428 poin selisih 14 poin dari Bagnaia yang berada di urutan teratas dengan 442 poin.

Balapan di MotoGP Valencia ini akan jadi penentu buat Martin. Pebalap asal Spanyol tersebut bisa menjadi Juara Dunia MotoGP 2023 dengan beberapa skenario. Namun dengan yang terjadi sulit buat Martin mengejar Bagnaia.

Baca juga: Daftar Mobil Baru Toyota yang Masih Pakai Sistem RWDBaca juga: 6 Karakteristik Orang Dogmatis

Francesco Bagnaia ketika balapan di Pertamina Mandalika International Circuit, Minggu (15/10/2023). Pembalap Ducati tersebut keluar sebagai juara dalam MotoGP Indonesia 2023. Artikel ini berisi link live streaming MotoGP Valencia 2023.Dok.Ducati Lenovo Francesco Bagnaia ketika balapan di Pertamina Mandalika International Circuit, Minggu (15/10/2023). Pembalap Ducati tersebut keluar sebagai juara dalam MotoGP Indonesia 2023. Artikel ini berisi link live streaming MotoGP Valencia 2023.

Prinsipnya, The Martinator harus unggul minimal satu poin atas Bagnaia di klasemen akhir bila ingin menjadi juara dunia.

Pertama, Martin bisa menjadi juara dunia tahun ini kalau dia bisa finis posisi ketiga dan Bagnaia jatuh lalu tidak bisa lanjutkan balap. Martin akan mengemas 444 poin (428+16) sedangkan poin akhir Bagnaia tetap 442 poin.

Kedua, Martin finis pertama tapi Bagnaia finis keenam. Maka Martin akan mengemas 453 poin (428+25) tapi Bagnaia hanya mengemas 452 poin (442+10).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com