Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit Mandalika Siap Gelar Ajang Porsche Sprint Challenge

Kompas.com - 26/11/2023, 17:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah menggelar ajang kelas dunia seperti balap MotoGP, Pertamina Mandalika International Circuit siap menyukseskan Porsche Sprint Challenge Indonesia pada 8-10 Desember 2023.

Sejumlah persiapan telah dilakukan di mana Mandalika Grand Prix Association (MGPA) bekerja sama dengan Superstars Motor Sport dan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Pada Jumat (24/11/2023), MGPA menyambut kedatangan mobil balap Porsche 911 GT3 Cup pertama di Pertamina Mandalika International Circuit.

Baca juga: Kasus Lane Hogger di Jalan Tol Kian Meresahkan

Kegiatan Mandalika Track DayKOMPAS.COM/IDHAM KHALID Kegiatan Mandalika Track Day

Mobil Porsche 911 GT3 Cup yang diimpor oleh Superstars Motorsport ini mendapatkan kemudahan fasilitas Peraturan Pemerintah (PP) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Seperti pembebasan dan penangguhan berbagai bea masuk dan pajak dalam rangka importasi barang di kawasan The Mandalika yang dikembangkan dan dikelola oleh PT Pengembangan Pariwista Indonesia/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan MGPA sebagai pengelola sirkuit.

Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka, mengatakan, ITDC sebagai pengembang dan pengelola kawasan The Mandalika, menyambut baik event Porsche Sprint Challenge Indonesia ini.

Baca juga: Fitur Ini Bikin Mobil Jago Menanjak meski Bukan RWD

"Kami percaya kehadiran mobil sport bergengsi ini akan memperkuat branding The Mandalika sebagai destinasi sport tourism yang menarik,” ujar Troy Reza Warokka, dalam keterangan resmi, Minggu (26/11/2023).

"Selain itu, kami berharap event ini dapat menciptakan multiplier effect yang positif bagi ekonomi dan masyarakat lokal, semakin memperkaya pengalaman dan dampak positif kawasan ini," kata dia.

Menurutnya, kedatangan Porsche 911 GT3 Cup pertama dengan sejarah prestisiusnya dalam dunia balap, membawa sentuhan keistimewaan ke Pertamina Mandalika International Circuit. 

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia 2023, Vinales Pole Position

Ilustrasi ajang Porsche Sprint Challenge di Amerika SerikatDok Porsche Sprint Ilustrasi ajang Porsche Sprint Challenge di Amerika Serikat

Rencananya, akan ada sembilan unit Porsche 911 GT3 Cup lagi yang akan datang untuk menjajal sirkuit ini.

Sementara itu, Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, mengatakan, pihaknya berterima kasih untuk para stakeholder yang telah membantu untuk menyukseskan event ini.

“Sehingga dapat memperkuat posisi Pertamina Mandalika International Circuit di Kawasan The Mandalika sebagai destinasi sport tourism, untuk balap internasional yang unggul,” kata Priandhi.

"Dengan kehadiran Porsche Sprint Challenge Indonesia di Pertamina Mandalika International Circuit, diharapkan dapat memberikan kesan baru dalam pengalaman balap yang tak terlupakan di Sirkuit ini, juga memikat hati para penggemar otomotif di seluruh Indonesia," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com