Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain RWD, Ini Spesifikasi Lengkap Avanza Reborn yang Sedang Diminati

Kompas.com - 24/11/2023, 17:31 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Toyota Avanza generasi kedua atau biasa disebut Avanza Reborn sedang diminati oleh masyarakat. Pasalnya, mobil ini dianggap tangguh untuk melibas tanjakan.

Berangkat dari fenomena tanjakan Spongebob di Lembang, Bandung, Avanza Reborn diunggulkan karena masih mengusung penggerak roda belakang (RWD).

Titik tumpuan yang berada di roda belakang saat mobil menanjak membuat mobil RWD memiliki traksi optimal sehingga lebih enak untuk menanjak.

Baca juga: Jagoan Melibas Tanjakan Spongebob, Harga Avanza Reborn Bekas mulai Rp 80 Jutaan

Michael Mandala, Penanggung Jawab Sentra Mobil Bekas Mandala Mobilindo Gading Serpong mengatakan, permintaan untuk Avanza Reborn memang sempat meningkat drastis selama bulan Juli-Agustus 2023.

“Biasanya kalau ada stok, saya yang arahkan ke customer buat ambil mobil itu. Tapi kemarin sempat banyak tuh, customer datang dan mintanya langsung Avanza Reborn,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (21/11/2023).

Michael mengaku sempat keheranan saat permintaan untuk Avanza Reborn sempat melonjak. Selang beberapa waktu, dirinya baru sadar jika hal itu dipengaruhi oleh kejadian viral tanjakan Spongebob cerita dari pelanggan.

Baca juga: Unggul di Tanjakan Spongebob, Pahami Penyakit Umum Avanza Reborn

Jika Anda juga tertarik untuk meminang Avanza Reborn, berikut ini spesifikasi lengkapnya!

Avanza Reborn atau All New Avanza memiliki desain lebih dinamis daripada generasi sebelumnya. Lampu utama berbentuk segitiga dengan model multi-reflector biasa. Lampu kombinasi di bagian belakang sudah tampak lebih lancip.

Avanza generasi kedua ini tersedia dalam dua pilihan mesin, yakni 1.3 liter dan 1.5 liter. Hadir juga 3 tipe yang disediakan, yakni 1.3 E, 1.3 G, dan 1.5 Veloz.

Mesin 1,3 liter berkode 1NR-FE, dengan tenaga maksimum mencapai 95 Tk pada 6.000 Rpm, dengan torsi maksimal 125 Nm pada 4.000 Rpm.

Baca juga: Tips Beli Avanza Reborn Bekas, Cek TCU di Bengkel Resmi

Abah Engkos (70) tengah mengatur lalu lintas di Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Abah Engkos (70) tengah mengatur lalu lintas di Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).

Khusus untuk tipe Veloz dibekali mesin 1,5 liter berkode 2NR-FE, dengan tenaga maksimal 102 Tk pada 6.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 144 Nm pada 4.000 Rpm.

Torsi cukup besar menjadi bekal Avanza Reborn pada kedua mesin. Sementara pilihan transmisi ada manual 5-percepatan dan otomatis 4 percepatan, dengan tetap mengandalkan penggerak roda belakang (RWD) sehingga tidak aneh jika masyarakat mengandalkannya untuk melibas jalan menanjak.

Avanza Reborn mengalami peningkatan fitur daripada generasi sebelumnya. Toyota mengklaim, fitur dalam kabinnya lebih baik. Pasalnya menggunakan kualitas bahan lebih baik dan tebal pada bagian plafon. Fitur keselamatan pun didukung adanya dual SRS Airbag dan rem ABS.

Baca juga: Estimasi Perbaikan Kaki-kaki Avanza Reborn yang Unggul di Tanjakan Spongebob

Modifikasi Toyota Avanzadok Panca Putra Januar Modifikasi Toyota Avanza

Sementara desain kabin didominasi warna dual tone antara krem dan abu-abu. Pengaturan AC juga belum memiliki arah semburan, tidak banyak ubahan. Sementara panel instrumen dan roda kemudi menggunakan model baru.

Menariknya, head unit dengan layar touch screen sudah terdapat pada tipe G dan Veloz menjadi pembeda cukup mencolok dari sisi desain interiornya.

Nah, itu tadi spesifikasi pada Avanza Reborn sehingga meski termasuk mobil yang berusia belasan tahun sudah memiliki fitur yang cukup mumpuni guna menunjang kenyamanan serta keselamatan penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com