Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ternyata Ada Waktu Ideal Mengecas Motor Listrik

Kompas.com - 24/11/2023, 17:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu kunci perawatan motor listrik terletak pada proses pengecasan baterai. Secara umum, pemilik harus menjaga baterai agar tidak mengalami overcharging dan overdischarging.

Overcharging adalah kondisi ketika baterai dicas terlalu lama, atau terus-terusan mencapai 100 persen. Sementara overdischarging adalah kondisi baterai yang terus dipakai hingga dayanya habis atau 0 persen.

Selain itu, rupanya ada pemilihan waktu terbaik untuk mengecas baterai ini bertujuan untuk menjaga performa baterai motor listrik.

Baca juga: Valentino Rossi Setuju VR46 Racing Jadi Tim Satelit Yamaha

Ilustrasi baterai motor listrik GesitsKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi baterai motor listrik Gesits

Seperti diketahui, semakin besar kapasitas baterai, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi sampai penuh.

Namun apabila daya listriknya stabil, maka proses pengecasan akan berlangsung lebih cepat. Selain itu, daya listrik yang tidak stabil bisa berdampak pada usia sel baterai motor listrik.

“Kalau mengecas motor listrik sebaiknya pada posisi jam malam. Alasannya arus listrik lebih stabil,” kata Samadin, Kepala Cabang Yadea Pasar Minggu, kepada Kompas.com (22/11/2023).

Baca juga: Ranjau Besi Payung Sangat Sulit Dihindari, Ban Tubeless Tidak Pengaruh

“Karena kalau sore antara jam 17.00 sampai 21.00, itu daya listrik enggak stabil. Jadi bagusnya jam 21.00 ke atas, sampai pagi,” ujar dia.

Ia juga menyarankan agar motor listrik yang ditinggal lama atau jarang dipakai, tetap diisi baterainya paling tidak sebulan sekali.

Baterai jangan sampai ngedrop, harus ada isinya. Dijaga di sekitar 50 persen sudah bagus,” ucap Samadin, yang menangani bagian servis dan penjualan sekaligus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com