Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Dek Motor Penuh dengan Kecoak, Jangan Asal Parkir

Kompas.com - 15/11/2023, 14:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Binatang seperti kecoak biasanya muncul di tempat yang lembab dan kotor. Makanya, bisa saja ada kecoak yang berkembang biak di motor yang tidak dirawat dengan baik.

Misal pada video yang diunggah akun Twitter @KucengTerbanggg, di mana ada motor yang tempat aki dan sekringnya dipenuhi kecoak. Bahkan saat disemprot pembunuh serangga, semua kecoak tadi berlarian keluar.

Seharusnya, tempat aki yang ada di dek tadi kan tertutup, baik bagian atas dan bawah. Tapi dari mana kecoak itu bisa bersarang di tempat tersebut?

Baca juga: Viral, Pancing Kecoak di Kabin Mobil Pakai Mentega dan Minyak Goreng

 

Aries Mandala, Kepala Bengkel AHASS Pelangi Prima Mandiri di Bogor mengatakan, tempat aki dan sekring yang ada di dek sebenarnya ada lubang untuk jalur kabel di bagian bawah, bisa saja kecoak masuk lewat situ.

Aries menjelaskan, kecoak biasanya muncul dari jalur yang sering dilintasi pengendara. Misalnya daerah pasar atau jalanan yang kotor, bisa mengundang kecoak bahkan tikus.

"Terus tidak langsung dibilas (mengundang kecoak). Selain itu parkir motor itu sehari-hari di tempat yang lembab, seperti dapur atau yang lainnya," kata Aries kepada Kompas.com, Rabu (15/11/2023).

Baca juga: Inchcape Dipercaya Memperkuat Penjualan Mercedes-Benz di Indonesia

Selain itu, penyebab kecoak yang bisa bersarang adalah posisi motor yang disimpan lama tanpa dirawat. Makanya sering kejadian ada kabel putus atau sebagainya di motor yang terbengkalai.

"Buat mencegah, tempat yang rawan tadi bisa ditaburi kapur barus atau kamper, begitu juga di tempat akinya," kata Aries.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com