Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Parkir Pakai Standar Tengah Bisa Cegah Anak Kecil Kecelakaan

Kompas.com - 15/11/2023, 14:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video viral di Instagram, menunjukkan aksi seorang anak kecil memanjat sepeda motor yang tengah diparkir di teras rumah.

Karena posisi memanjat yang salah, motor langsung tergelincir dari posisi semula dan jatuh. Beruntung, si anak kecil tidak tertindih dan selamat dari luka fatal.

Video yang dibagikan oleh akun @lowslow.indonesia ini sontak viral dan dikomentari oleh ratusan warganet. Dua poin yang sangat dikritisi adalah soal kurangnya pengawasan orang tua, dan cara parkir yang keliru.

“Ini Orangtuanya kemana ya bisa-bisa luput pengawasan terhadap anaknya sendiri,” kata akun @chris.willem9021.

Baca juga: Biaya Kepemilikan Honda CRF250 Rally, Per Hari Cuma Rp 20.000-an

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by LOWSLOW® Official (LS) (@lowslow.indonesia)

“Sy sebagai ibu yg punya toddler, pilih ngesampingkan tugas lain. Pilih ngikutin pergerakan bocah kemanapun, umur segitu nggak bisa meleng dikit. Kalau ada yg urgent, terpaksa ikat pakai harnes bocahnya,” cerita @ms.tammyvar.

Sebagian warganet juga memberikan komentar anjuran, berupa tips supaya para orang tua selalu membiasakan parkir motor dengan standar tengah. Langkah ini dinilai cukup aman, khususnya untuk mencegah resiko akibat ketidaktahuan anak.

“Minimal di standar 2 lah motor nya di naikkin anak juga ga mudah jatuh,” kata @arifoktaviana.

“Setelah kejadian ini...ak yakin bapaknya bakal standar Tengah terus.... ngga standar samping kayak gini,” kata akun @westwitch.

Baca juga: Tekan Emisi, Indonesia Gandeng Jerman Kembangkan Transportasi Hijau

Sepeda motor diparkir menggunakan standar dua atau standar tengah.KOMPAS.com/Gilang Sepeda motor diparkir menggunakan standar dua atau standar tengah.

Menanggapi persoalan ini, Anto Hananto, Kepala bengkel AHASS 88 Tangerang, membenarkan jika standar tengah memang jauh lebih aman dibandingkan standar samping.

“Paling aman itu sudah standar tengah, terus dikunci setang. Biar motornya enggak gerak-gerak kalau sudah diparkir,” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (15/11/2023).

Anto menjelaskan, metode parkir standar tengah sebaiknya dijadikan kebiasaan oleh pengguna, khususnya yang sudah memiliki anak. Video viral ini juga bisa menjadi pelajaran supaya orang tua tidak lengah.

Dia lanjut membagikan tips, untuk lebih amannya, sebaiknya motor diparkir sedikit mepet dengan sisi tembok, supaya tidak mudah dipindahkan.

“Kunci setang dan posisinya mepet tembok itu seharusnya aman, anak kecil juga kan enggak sekuat itu buat dorong atau geser-geser,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com