Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda Aki Mobil Mulai Soak dan Harus Segera Diganti

Kompas.com - 21/10/2023, 10:42 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki merupakan komponen yang penting dalam kendaraan bermotor, termasuk mobil. Juga memiliki fungsi sebagai sumber utama untuk menghidupkan mesin dan menjalankan perangkat kelistrikan lainnya.

Perlu diketahui, aki mobil memiliki batas usia pakai dan penurunan kinerja seiring berjalannya waktu adalah hal yang wajar. Sehingga mengganti aki secara berkala adalah langkah yang baik.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Umur Aki Zaman Sekarang Cuma 2 Tahun?

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM mengatakan, terdapat beberapa tanda aki mobil sudah mulai soak atau waktunya ganti dengan yang baru.

“Saat mobil pertama kali dinyalakan mesin tidak langsung hidup, jadi harus dicoba beberapa kali sampai mesin menyala,” ucap Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Cara mudah memeriksa kondisi Aki mobil setelah mudik lebaranFreepik/Senivpetro Cara mudah memeriksa kondisi Aki mobil setelah mudik lebaran

Didi mengatakan, kondisi seperti ini biasanya sudah terjadi beberapa kali, misalnya hari ini mesin sulit dihidupkan, dan keesokan harinya terulang lagi. Maka dapat dipastikan aki sudah soak atau minta diganti.

“Ketika mesin dihidupkan starter lemah dan keesokan harinya kondisinya masih sama seperti itu, tandanya aki sudah mulai lemah,” jelas Didi.

Cara lainnya bisa dengan melihat pada nyala lampu utama. Ketika lampu utama sudah redup atau mulai melemah maka sebaiknya lakukan penggantian aki baru.

Baca juga: Simak Daftar Harga Aki Mobil Per Oktober 2023

Ragam pilihan Aki Mobil Murah di GIIAS 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy Ragam pilihan Aki Mobil Murah di GIIAS 2023

Selain itu, bisa dicek dari suara klakson. Jika bunyinya sudah tidak nyaring maka ini menjadi indikasi awal sebelum mesin mesin mobil susah dinyalakan.

“Untuk usia rata-rata aki itu antara 1,5 tahun sampai dua tahun, kalau sampai di atas dua tahun itu sudah bagus,” kata Didi.

Didi menyarankan, jika tanda tersebut sudah terjadi, sebaiknya segera lakukan penggantian aki dan bisa juga dibawa ke bengkel untuk memastikan komponen lainnya tidak mengalami kerusakan akibat kurangnya pasokan listrik.

Selain itu, Didi juga menyarankan untuk memilih aki yang sesuai dengan spesifikasi mobil atau gunakan seperti bawaan pabrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com