Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemudahan Pengisian EV di Rumah, Biaya Ramah di Kantong

Kompas.com - 16/10/2023, 17:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembahasan tentang pengisian daya bisa dianggap sebagai topik seputar mobil listrik yang cukup banyak disoroti. Masih banyak konsumen Indonesia yang kebingungan atau tidak tahu seputar hal ini.

Menimbang mobil listrik merupakan segmentasi kendaraan roda empat baru, tentunya informasi tentang penggunaan serta perawatan harus diperbanyak dan disosialisasikan oleh pihak APM bagi konsumen.

Sebagai salah satu pemain awal mobil listrik di Indonesia, Wuling Motors berkomitmen untuk selalu memberikan edukasi tersebut. Salah satunya adalah perihal manfaat pemakaian, serta kemudahan proses pengisian daya.

Wuling Air ev sudah dibekali baterai jenis lithium ferro-phosphate (LFP) 116 volt 230 Ah dengan kapasitas 26.700 watt-hour.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Pasang Fitur Kamera 360 di Mobil

Wuling menugaskan sebanyak 100 unit Air ev untuk mendukung perjalanan para delegasi selama penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023.Wuling Motors Wuling menugaskan sebanyak 100 unit Air ev untuk mendukung perjalanan para delegasi selama penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023.

Baterai tersebut membuat Wuling Air ev memiliki daya jelajah hingga 300 kilometer. Jika diterjemahkan ke kondisi nyata, mobil listrik mungil ini mampu diajak berkendara dari Jakarta ke Cirebon dengan sekali pengisian daya.

Selain memiliki daya jelajah cukup tinggi, Wuling Air ev juga dibekali beragam fitur dan teknologi pengaman lengkap, mulai dari 2 airbag, ABS, EBD, ESC, EPB, AVH, ISOFIX, serya standardisasi IP67 yang membuat baterai tahan air.

Tidak hanya itu, proses pengisian daya mobil listrik ini juga diklaim sangat mudah dan tidak merepotkan. Pengecasannya juga bisa dilakukan di mana saja.

Konsumen pengguna mobil listrik Wuling Air ev bisa melakukan isi daya di rumah dengan menggunakan plug-in wall charger, atau di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang sudah banyak tersebar.

Baca juga: BBM Kualitas Rendah Bikin Oli Mesin Cepat Kotor

Wuling Air ev Lite dipamerkan di GIIAS 2023Dok. Wuling Wuling Air ev Lite dipamerkan di GIIAS 2023

Menyoal biaya total untuk pengisian daya dari kapasitas baterai kosong hingga penuh, biayanya juga diklaim kurang dari Rp50.000, mengingat harga listrik per-1 KwH hanya sebesar Rp1.699 saja. Hal ini tentunya untuk pengisian daya yang dilakukan di rumah

Sebagai gambarannya, tarif listrik rumah tangga berdaya 2.200W ialah Rp1.444,70 per kWh, sedangkan daya 3.500 W Rp1.699,53.

Artinya, untuk sekali pengisian penuh Air ev tipe Long Range dengan baterai berkapasitas 26,7 kWh (1.444,70 X 26,7) hasilnya Rp38 ribuan dan Rp44 ribuan untuk daya 3.500W.

Di sisi lain, jika melakukan pengisian daya di SPKLU, biaya yang dibutuhkan juga hanya berkisar Rp65 ribuan (Long Range) dan Rp42 ribuan (Standar Range dan Lite) dengan harga satu kWh berkisar Rp2.467.

Bagi konsumen yang berminat meminang, Wuling Air ev tersedia dalam 3 varian, yakni Long Range dengan harga Rp273,5 juta, standar range di harga Rp222 juta dan Lite dengan harga Rp188,9 juta (OTR Jakarta dengan insentif PPn)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com