Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Poles Lampu Mobil Kusam dan Kuning, Mulai Rp 350.000

Kompas.com - 13/10/2023, 16:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mika lampu menguning membuat tampilan mobil jadi kurang menarik. Untuk mengembalikan mika agar bening seperti sedia kala bisa dengan cara diamplas kemudian dipoles.

Rizal Sidiq alias Diqiq, pemilik MG Garage, toko penjual lampu-lampu mobil copotan di sentra otomotif Blok M, Jakarta, mengatakan, biaya poles mika lampu mobil bervariasi tergantung tingkat kesulitan.

Baca juga: Rossi Pamer Koleksi Helm, Semua Rival Ada Kecuali Marquez

Rizal Sidiq alias Diqdiq pemilik toko MG Garage di sentra otomotif Blok M, Jakarta, mengatakan, setidaknya ada dua penyebab utama mika lampu mobil berembun.KOMPAS.com/Gilang Rizal Sidiq alias Diqdiq pemilik toko MG Garage di sentra otomotif Blok M, Jakarta, mengatakan, setidaknya ada dua penyebab utama mika lampu mobil berembun.

"Sebetulnya ini tergantung mobil, bukan dari mahal murahnya mobil, tapi dari tingkat pengerjaannya. Kadang orang kan ke sana berpikirnya," ujar Diqdiq kepada Kompas.com, belum lama ini.

Diqdiq menjelaskan, yang dimaksud sulit ialah pengerjaan saat bongkar lampu dari mobil. Kemudian ada beberapa mika yang keras saat diamplas sehingga butuh tenaga lebih.

"Ada yang sulit bongkar dari mobil, ada yang lem kering. Jadi memang ada beberapa mobil yang mika lampunya diamplas itu keras," ujarnya.

Baca juga: Tilang Berlaku Bulan Depan, Dishub DKI Gelar Sosialisasi Uji Emisi

Mika lampu dikerok jika ditemukan ada retak-retak halus atau istilahnya retak rambut. Sebab retak rambut ini tidak akan hilang jika hanya diamplas saja.KOMPAS.com/Gilang Mika lampu dikerok jika ditemukan ada retak-retak halus atau istilahnya retak rambut. Sebab retak rambut ini tidak akan hilang jika hanya diamplas saja.

"Harus dikerok walaupun tidak ada retak rambutnya, kalau diamplas malah jadinya licin, walaupan pakai amplas kasar tidak keangkat, agak keras," kata Diqdiq.

"Tapi yang paling murah itu kisaran Rp 350.000 - Rp 400.000 itu sepasang (kiri-kanan). Kalau yang misalkan lem kering itu yang pernisnya tebal, bisa Rp 700.000," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com