Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Indonesia Masih Jual Motor 2 Tak, Harga Rp 60 Jutaan

Kompas.com - 09/10/2023, 17:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) rupanya masih menjual motor 2 tak (2 stroke) atau mesin dengan siklus kerja dua langkah pada tahun 2023. Motor ini adalah KX85 dan KX112 model tahun 2024.

Hal ini menarik karena Ninja 150 RR telah discontinue pada 2015, dan menjadi motor 2 tak keluaran pabrik terakhir yang tersedia di Indonesia.

Berbeda dari Ninja 150 RR, motor 2 tak yang masih dijual Kawasaki merupakan motor hobi yang disediakan khusus buat keperluan tertentu.

Baca juga: Ferrari Tabrak Banyak Kendaraan di Bundaran Senayan

Ilustrasi Kawasaki KX112Dok. KMI Ilustrasi Kawasaki KX112

Artinya, motor ini bukanlah motor street legal yang bisa dipergunakan di jalan raya. Makanya bila melihat tampilannya, kedua motor ini tidak memiliki spidometer, spion, sepatbor belakang, hingga lampu depan dan belakang, termasuk juga sein.

“Melihat dari meningkatnya minat dan antusias dari para riders muda untuk mengasah keterampilannya, KMI mengutamakan kepuasan dengan cara kami mendengarkan saran dari motorcycle enthusiast untuk menyalurkan hobinya di dunia offroad,” ujar Michael C. Tanadhi, Head Sales & Promotion PT KMI, dalam keterangan resmi (7/10/2023).

Kehadiran KX85 dan KX112 diperuntukkan bagi pebalap amatir hingga profesional yang ingin memulai karir dalam dunia motocrossing.

Baca juga: Alternatif Instan, Motor Kustom Siap Pakai Dijual Mulai Rp 25 Jutaan

Kawasaki KX85Dok. KMI Kawasaki KX85

Kawasaki KX85 dibekali mesin berkapasitas 84 cc 2 tak dengan transmisi 6-percepatan berpendingin cairan. Sementara KX112 didukung mesin dengan kapasitas 112 cc 2 tak bertransmisi 6-percepatan dengan radiator.

Kedua motor ini didesain cover radiator baru untuk meningkatkan ergonomi dan kinerja pendinginan, serta telah dibekali lingkar ban offroad Dunlop MX33.

Selain itu, KX85 dan KX112 model tahun 2024 telah didukung fitur Ergo-Fit, yaitu sebuah sistem interface yang dirancang untuk membuat pengendara menemukan posisi berkendara yang ideal.

Baca juga: Ducati Monster Rasa Lamborghini Gran Turismo

Hal ini bisa didapat karena berbagai titik interface sasis (setang, pijakan, kursi, dll) dapat disesuaikan melalui kombinasi part yang dapat diganti dan disesuaikan.

Bicara soal harga, motor yang diproduksi secara CKD di Indonesia ini dibanderol Rp 66,3 juta off the road Jakarta (KX85) dan Rp 69,3 juta off the road Jakarta (KX112). Kabarnya, kedua motor trail hobi ini akan mulai dikirim ke konsumen pada 12 Oktober 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com