Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Polisi Identifikasi Pelat Palsu atau Custom, Cukup Dengan Melihat

Kompas.com - 07/10/2023, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelat nomor palsu dan pelat nomor custom dilarang dipasang di kendaraan, karena dianggap tidak sesuai standar dan bisa menyulitkan kinerja kamera ETLE.

Pengendara yang menggunakan kedua jenis pelat tersebut pasti akan mendapatkan sanksi tegas dari Pihak kepolisian.

Namun, mengingat pelat nomor adalah komponen yang bentuknya sangat umum, kira-kira bagaimana cara Polisi mengidentifikasi antara asli, palsu, atau custom?

Baca juga: Alasan Kenapa Pakai Pelat Nomor Custom Dilarang, Bikin Kamera ETLE Bingung

Contoh pelat nomor asli terbitan SAMSAT, ada emboss tulisan dan logo Korlantas PolriKompas.com/Daafa Alhaqqy Contoh pelat nomor asli terbitan SAMSAT, ada emboss tulisan dan logo Korlantas Polri

Pertanyaan ini dijawab oleh Kepala Urusan Administrasi Penindakan Pelanggaran Direktorat Penegakkan Hukum Korlantas Polri, Kompol Mukmin Timoro.

Kepada Kompas.com, dia menjelaskan jika jawabannya cukup simpel, yakni identifikasi visual langsung yang sepenuhnya mengandal kemampuan mata anggota terlatih.

“Ada embossan (cap) khusus di TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) buatan Samsat, yang asli. Kalau enggak ada embossnya, berarti enggak asli,” ucap Mukmin, Kamis (5/10/2023).

Baca juga: Mau Beli Honda Jazz Lawas, Kenali Dulu Penyakit Umumnya

Pelat nomor akseris garapan TypoworksKOMPAS.com/daafa Pelat nomor akseris garapan Typoworks

Menurut Mukmin, cap yang dimaksud adalah logo dan tulisan ‘Korlantas Polri’, ukurannya memang kecil dan sangat detail.

Dia menambahkan, identifikasi pelat custom atau palsu juga tidak ada bedanya dengan identifikasi knalpot brong, karena sama-sama menggunakan indra untuk pengamatan.

Pada kesempatan terpisah, Kanit Turjawali Satlantas Polres Jakarta Barat AKP Karta menjelaskan, anggota-anggota Polantas memang sudah dilatih untuk mengamati pelat nomor kendaraan.

Baca juga: Pelat Nomor Hilang Satu, Dilarang Bikin Baru Sembarangan

Polisi menindak pengendara yang menggunakan pelat nomor palsuTMC Polda Metro Polisi menindak pengendara yang menggunakan pelat nomor palsu

“Memang kita (Polisi) pakai skill ya, karena memang sudah sering, jadinya terlatih buat mengidentifikasi pelat nomor palsu,” ucapnya.

Karta membagikan satu contoh identifikasi paling mudah, yakni melihat bentuk font pelat nomor dan jarak antar angka, serta warna pelat.

“Kalau dari fontnya saja sudah beda, ada indikasi pelat itu palsu. Kemudian (kendaraan) diberhentikan dan kita minta dokumen wajibnya. Dari sini baru bisa ketahuan,” ucapnya.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com