Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengendara Motor Nyaris Terlindas Truk, Waspada Dekat Kendaraan Besar

Kompas.com - 03/10/2023, 06:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya kasus kecelakaan yang melibatkan truk dan sepeda motor, menunjukkan pentingnya bagi pengendara untuk selalu waspada dan memahami blind spot atau titik buta pada kendaraan niaga itu.

Contohnya seperti video dalam unggahan akun Instagram Jabodetabek Terkini, Senin (3/10/2023). Dalam rekaman itu terlihat seorang pengendara motor yang tertabrak truk dari belakang saat sedang antre di tengah kemacetan.

Beruntungnya, pengemudi motor tersebut selamat dan tidak sampai terjatuh.

Baca juga: Catat, Motor Tanpa Pelat Nomor Kendaraan Bisa Disita Polisi

Baik pengemudi motor maupun pengguna jalan lainnya sebaiknya memahami kembali bahaya berkendara di sekitar kendaraan besar.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, bagi pengendara langkah antisipasi sebaiknya dilakukan dengan memberikan jarak aman untuk kendaraan di belakang, samping dan depan. Terutama masalah blind spot yang luas saat berhenti di dekat truk.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jabodetabek Terkini (@jabodetabek.terkini)

“Truk itu biasanya bobot muatannya berat dan tidak mungkin berhenti mendadak, yang diantisipasi masalah itu dan juga blind spot. Berhenti di depan truk, pengemudi dari kabin tidak akan melihat kendaraan lain di depan karena posisi kabin yang tinggi,” ucap Jusri.

Untuk itu pengendara motor sebaiknya jangan terlalu dekat di depan kendaraan besar. Kondisi seperti itu, pandangan pengemudi truk akan terbatas dan tidak melihat jelas ada kendaraan yang tengah antre di lampu merah atau macet.

Baca juga: Harga Tiket Bus AKAP Jurusan Wonogiri-Jakarta mulai Rp 150.000

Sebab, posisi kabin yang tinggi membuat pengemudi hanya mampu memperhatikan bahaya dalam radius puluhan meter di depan.

“Atur jarak aman dan perhatikan kaca spion untuk mengurangi blind spot. Sehingga truk yang berada di belakang atau samping terlihat pengendara. Sewaktu-waktu jika ada bahaya bisa menghindar,” kata Jusri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com