Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membandingkan Tenaga Omoda 5 GT dan Honda HR-V Turbo

Kompas.com - 30/09/2023, 16:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Chery Sales Indonesia (CSI) resmi meluncurkan Omoda 5 GT sebagai varian baru. Ada dua tipe yang ditawarkan, yakni versi front wheel drive (FWD) dan all wheel drive (AWD).

Untuk harganya, lebih tinggi dari dua tipe Omoda 5 yang sudah lebih dulu hadir. Varian FWD dijual sebesar Rp 448,8 juta, sementara untuk AWD Rp 488 juta.

Dengan mesin 1.600 cc Turbo Gasoline Direct Injection (TGDI), Omoda 5 GT punya performa yang lebih besar dari versi 1.500 turbo.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Omoda 5 GT Bermesin 1.600 Turbo

Honda HR-V Monochrome Series Dok Honda Honda HR-V Monochrome Series

Berdasarkan data di atas kertas, olahan tenaganya mencapai 197 Tk dan torsi 290 Nm. Perubahan lain yang ikut mendukung sektor performanya adalah dari sisi suspensi belakang dengan multilink serta transmisi DCT.

Terkait soal kompetitor di Indonesia, dengan mesin yang lebih besar tersebut, Omoda 5 GT tak memilki rival yang setara.

Dibandingkan Honda HR-V RS Turbo yang menggunakan mesin VTEC 1.500 cc dengan tenaga 177 Ps atau setara 174,5 Tk dan torsi 240 Nm di putaran 1.700 hingga 4.500 rpm, jelas produksi tenaga Omoda 5 GT jauh lebih tinggi.

Baca juga: 95 Persen Pemesanan Mitsubishi XForce Didominasi Tipe Paling Mahal

All New Honda CR-V 1.5 L Turbo meluncur di GIIAS 2023Kompas.com/Donny All New Honda CR-V 1.5 L Turbo meluncur di GIIAS 2023

Begitu juga saat dibandingkan Honda CR-V Turbo. Dengan modal tenaga 187 tk dan torsi 240 Nm, jelas masih lebih unggul Omoda 5 GT.

Hal ini cukup wajar, mengingat adanya selisih 100 cc dari kubikasi mesin antara Omoda 5 GT dengan HR-V dan CR-V Turbo.

Ketika menjajal Omoda 5 GT beberapa waktu lalu, dari putaran bawah kesan responsif sudah sangat terasa berkat torsi yang cukup besar. Apalagi ketika menggunakan mode sport, tarikannya lebih agresif.

Baca juga: Honda HR-V Kuasai SUV Segmen B, Berikut Daftar Terlarisnya


Berkat konstruksi baru pada sisi suspensi belakang, handling yang dihasilkan juga tak kalah menarik. Manuver lebih lincah bahkan efek body roll juga minim ketika melakukan u-turn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com