Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Pasang Air Suspension di Mobil, Siapkan Minimal Rp 24 Juta

Kompas.com - 30/09/2023, 09:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasang air suspension di mobil termasuk salah satu upaya yang bisa pemilik lakukan untuk meningkatkan nilai estetika mobil.

Air suspension atau yang lebih dikenal dengan airsus itu sendiri, menjadi tren modifikasi yang memungkinkan mobil bisa terlihat lebih ceper dengan merombak bagian roda.

Sistem kerja air suspension bisa dibilang lebih 'effortless' karena untuk menaikan dan menurunkan mobil hanya melalui tombol atau remote control yang ada di kabin mobil.

Baca juga: Chery Omoda 5 GT Meluncur di Indonesia, Dijual Mulai Rp 448 Juta

Akasia Motor menjadi salah satu bengkel custom yang menyediakan berbagai macam dan merek air suspension yang bisa dipilih oleh konsumen otomotif sesuai dengan kendaraan dan kebutuhannya.

“Pemasangan air suspensi itu kita melihat dari segi estetika dan fungsi. Kalau fungsi sebenarnya bagaimana mobil modifikasi dengan pelek besar dan ground clearance rendah, tapi tetap bisa dibawa jalan kemana-mana. Sementara kalau estetika, tampilan cepernya dapat dan bisa di bawa kemana-mana juga,” ucap Akbar dari Akasia, saat ditemui Kompas.com di pameran modifikasi, Jakarta Selatan, Jumat (29/9/2023).

Air suspensionKompas.com/Nanda Air suspension

Akbar melanjutkan, saat ini ada tiga jenis air suspension yang bisa dipilih konsumen, yakni back, bolt on dan load support.

“Kalau back balonnya saja, sementara shocknya standar. Kemudian untuk bolt on, springnya kita pakai balon, shockbreaker pakai coilover, bukan standar. Selanjutnya load support, ini biasanya untuk heavy duty requirement seperti pikap atau double cabin.,” kata Akbar.

“Karena kalau bobotnya berat biasanya kan mobil terlalu empuk, shockbreaker mobil cepat rusak, dan berbahaya bagi barang dan kendaraan. Dengan adanya load support ini ketika beban berat si lot support membantu menahan beban itu, jadi membantu kerja di shockbreaker.

Baca juga: Naik Motor Saat Cuaca Panas, Jangan Pakai Jaket Bahan Ini

Adapun untuk harga air suspension beserta biaya pemasangan cukup beragam, di Akasia Motor, banderol paling murah mulai Rp 24 juta sampai Rp 50 juta ke atas.

Mengingat sistem air suspension cukup kompleks, maka untuk pemilik mobil disarankan melakukan diskusi terlebih dulu kepada pihak bengkel spesialis yang benar-benar sudah ahli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com