Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Udara Lagi Panas, Pakai Helm Half Face Jauh Lebih Nyaman

Kompas.com - 30/09/2023, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara motor jadi salah satu pihak yang harus alami sengatan matahari saat cuaca panas, ketika berkendara siang hari. Bahkan, beberapa kota ada yang sampai 40 derajat celsius. 

Sebagai pengendara motor, udara yang panas seharusnya tidak jadi alasan untuk menanggalkan helm saat berkendara. Helm tetap wajib dipakai untuk mengurangi risiko cedera, tapi yang bisa dipilih adalah model yang mau dipakai.

Danis, Store Manager Casco Motoworld menjelaskan, soal pilihan helm sebenarnya kembali ke pribadi masing-masing. Cuma kalau boleh saran, half face lebih nyaman dipakai saat cuaca panas.

 Baca juga: Pria Ini Temukan Helmnya yang Hilang, Dijual di Tukang Helm Bekas

Ruang bagasi di bawah jok Honda Forza 350 yang bisa menampung dua buah helm full faceDok. Honda Eropa Ruang bagasi di bawah jok Honda Forza 350 yang bisa menampung dua buah helm full face

"Kalau rute jauh, udara gini (panas) dan mungkin kena macet, half face enak," kata Danis kepada Kompas.com, Jumat (29/9/2023).

Danis berbagi pengalaman saat berkendara jarak dekat hingga menengah dan pakai helm full face lalu ketemu macet, rasanya kurang nyaman. Selain gerah, nafas juga jadi engap-engap, tidak bebas.

 Baca juga: Naik Motor Saat Cuaca Panas, Jangan Pakai Jaket Bahan Ini


"Jadi tergantung rute, kalau emang enggak terlalu macet, full face masih oke saja. Tapi kalau rumahnya jauh, terus macet, half face aja deh daripada dehidrasi," kata Danis.

Sarannya, half face dirasa lebih cocok untuk dipakai di tengah cuaca yang panas terik. Banyak udara yang masuk ke depan muka, jadi tidak mudah gerah dan embusan angin lebih terasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com