Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW R 1300 GS Resmi Meluncur, Harga mulai Rp 290 Jutaan

Kompas.com - 29/09/2023, 13:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Motorrad resmi meluncurkan R 1300 GS, motor petualang flagship BMW. Bukan sekadar facelift, R 1300 GS baru ini total ubahannya, tidak ada yang dibawa dari motor lama.

Secara umum, R 1300 GS baru ini pakai mesin boxer baru, suspensi baru, dengan bobot yang turun signifikan, serta berbagai fitur yang sangat mumpuni buat diajak bertualang.

Soal mesin baru, desainnya diubah total, menghasilkan mesin boxer yang lebih ringkas dan ringan. Tenaga yang dihasilkan lebih besar, 145 TK di 7.750 RPM dan torsi 149 Nm di 6.500 RPM.

Baca juga: BMW R 1300 GS Terbaru Bocor, Makin Kelihatan Futuristis

BMW R 1300 GS terbaru resmi dirilis, harga di Amerika mulai Rp 290 jutaanPRESS.BMWGROUP.com BMW R 1300 GS terbaru resmi dirilis, harga di Amerika mulai Rp 290 jutaan

Sedangkan pada sisi suspensi, ada tambahan besi yang meningkatkan kekakuan, jadi terasa lebih solid. Pada rangka belakang, sekarang sudah pakai die-cast aluminium dari yang sebelumnya tubular.

BMW R 1300 GS baru ini sudah dilengkapi dengan Dynamic Suspension Adjustment (DSA). DSA mengombinasi setelan suspensi depan dan belakang, tergantung dengan mode berkendara yang dipilih dan kondisi motor.

Tersedia empat mode berkendara, yakni Rain, Road, Eco, dan Enduro. Rain dan Road menyesuaikan kondisi jalan, Eco bisa membuat motor jalan lebih efisien, dan Enduro paling cocok setelannya buat off-road.

Baca juga: Intip Bus Pariwisata Mewah Punya PO Primajasa


Secara tampilan, memang berubah total, salah satu yang jadi ciri sekarang adalah lampu depannya. Sudah full LED, ditambah empat titik DRL yang membentuk huruf X.

Soal fitur, R 1300 GS kini dilengkapi dengan riding assistant yang terdiri dari Active Cruise Control, Front Collision Warning, dan Lane Change Warning. Ketiga fitur ini sangat membantu pengendara dalam perjalanan yang jauh maupun dekat, lebih aman.

Pada pasar Amerika Serikat, motor ini dibanderol mulai 18.845 dollar AS, atau setara Rp 290 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com