Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Beli Honda Vario 125 LED Bekas, Cek Kotak Sekring

Kompas.com - 29/09/2023, 12:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Honda Vario dengan mesin 125cc awal muncul di 2012. Berselang tiga tahun, muncul generasi kedua yang punya ubahan signifikan, lampu depannya sudah pakai LED.

Selain itu, dari segi bodi pun berubah cukup banyak desainnya. Motor yang semula kelihatan kalem, Vario generasi kedua modelnya lebih agresif dengan banyak tarikan garis tajam.

Saat ini, Vario 125 LED ini bisa dibilang cukup diminati di pasar motor bekas. Bahkan cenderung orang mencari Vario 125 generasi kedua dan pertama, daripada yang terakhir.

Baca juga: Mau Beli Honda Vario 125 Generasi Awal, Pastikan Cek Rem CBS

Honda Vario Day 2017dok. AHM Honda Vario Day 2017

Aries Mandala, Kepala Bengkel AHASS Pelangi Prima Mandiri di Bogor memberikan beberapa tips yang harus diperhatikan kalau mau beli Vario 125 LED. Paling sering terjadi masalah pada unit ini ada di kotak sekring.

"Hendaknya memperhatikan rumah sekring yang sering kali bermasalah karena kotor. Akibatnya sistem starter atau pengisian daya bermasalah," kata Aries kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Kapan Mobil Disebut Telat Ganti Oli Mesin?


Aries menjelaskan, kenapa starter yang bisa kena masalah, karena posisi relay ada di rumah sekring tersebut. Kalau misal motor jarang dirawat dan kotak sekring kotor, maka sering terjadi kerusakan.

"Bagi pemilik sebelumnya yang terawat mungkin aman dan tidak bermasalah," kata Aries.

Cuma tetap saja saat mau beli motor bekas, terutama matik, perhatikan kondisi mesin dan CVT. Pastikan komponen itu aman, baru ke bagian kaki-kaki, sampai ke bodi atau yang sifatnya penampilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com