Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Sprint Race MotoGP India 2023, Martin Menang, Marquez Podium

Kompas.com - 23/09/2023, 19:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Sprint race pada MotoGP India 2023 yang digelar di Sirkuit Buddh berhasil dimenangkan oleh Jorge Martin. Pebalap Pramac Racing yang mulai dari posisi kedua berhasil finis di urutan terdepan.

Selepas start, Marco Bezzecchi yang start dari pole position harus melebar karena ban belakangnya diserempet oleh rekan setimnya sendiri, yakni Luca Marini.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP India, Marco Bezzecchi Pole Position

Sementara Jorge Martin yang start dari posisi kedua, sukses memiimpin jalannya balapan. Pada saat yang bersamaan, Pol Espargaro juga mengalami kecelakaan setelah bersenggolan dengan Stefan Bradl.

 

Francesco Bagnaia di MotoGP BelandaTWITTER/PECCOBAGNAIA Francesco Bagnaia di MotoGP Belanda

Martin memimpin jalannya balapan, diikuti Francesco Bagnaia di belakangnya, dan Joan Mir pada posisi ketiga. Sementara posisi keempat, ditempati oleh Marc Marquez.

Memasuki lap kedua, Marquez berhasil menyalip rekan setimnya tersebut. Pemandangan yang jarang di musim ini melihat kedua pebalap Repsol Honda bertahan di posisi lima besar.

Baca juga: Motor Quartararo Mogok Dua Kali di Sesi FP1 MotoGP India

Pada lap ketiga, Bezzecchi yang merosot ke urutan ke-15 masih terus berjuang untuk memperbaiki posisinya. Dia berhasil naik ke posisi ke-12, tapi masih tertinggal 7,8 detik dari Martin.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat tampil pada sesi latihan pertama MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans, Jumat (12/5/2023) sore WIB.AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat tampil pada sesi latihan pertama MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans, Jumat (12/5/2023) sore WIB.

Pada lap yang sama, Mir mengalami lowside dan terjatuh. Sehingga, meninggalkan Marquez di posisi podium alias posisi ketiga. Jaraknya dengan Bagnaia yang ada di depannya cukup dekat.

Sementara jarak Marquez dengan Binder, terpaut cukup jauh. Meski demikian, balapan masih tersisa tujuh lap lagi. Masih ada peluang bagi Binder mengejar ketertinggalannya dari Marquez.

Brad Binder saat berlaga pada MotoGP Italia 2023Dok. @bradbinder Brad Binder saat berlaga pada MotoGP Italia 2023

Pada lap kelima, jarak Bagnaia dengan Martin sudah terpaut hingga 1,8 detik. Tidak ada yang bisa menghentikan Martin kecuali dirinya sendiri.

Memasuki lap keenam, Bezzecchi berhasil memperbaiki posisi dan berada di urutan kesembilan. Jika dirinya tidak mengalami insiden dengan Marini, dia punya peluang cukup besar untuk menang atau setidaknya naik podium. Dia juga terus mencatatkan lap tercepat sepanjang balapan.

Masih di lap yang sama, Bagnaia sudah membuka jarak dengan Marquez hingga 1,2 detik. Sementara Marquez, semakin terkejar posisinya oleh Binder.

Pebalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi, saat menjalani sesi latihan bebas kedua atau FP2 MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez, Jumat (28/4/2023). Terkini, Bezzecchia menjadi yang terdepan dalam Kualifikasi MotoGP India 2023, Sabatu (23/9/2023). (Foto oleh PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU Pebalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi, saat menjalani sesi latihan bebas kedua atau FP2 MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez, Jumat (28/4/2023). Terkini, Bezzecchia menjadi yang terdepan dalam Kualifikasi MotoGP India 2023, Sabatu (23/9/2023). (Foto oleh PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Pada lap kedelapan, Marquez terus dibayang-bayangi oleh Binder. Pebalap KTM tersebut masih mencari celah untuk menyalip Marquez.

Pada saat yang bersamaan, Bezzecchi sudah naik ke posisi keenam. Dengan tiga lap tersisa, pebalap Mooney VR46 ini masih punya peluang untuk menyalip Fabio Quartararo yang ada di depannya.

Memasuki lap terakhir, Bezzecchi akhirnya berhasil menyalip Quartararo dan bertahan di posisi kelima. Sementara Marquez, sukses juga mempertahankan posisi podium dengan finis di posisi ketiga. Martin akhirnya finis dengan unggul 1,4 detik di depan Bagnaia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com