Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Naik Bus Tingkat Wisata di Kota Semarang

Kompas.com - 22/09/2023, 11:22 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Kota Semarang menyediakan tiga layanan bus wisata gratis, yang diberi nama Si Denok, Si Kuncung dan Si Kenang.

Seperti yang telah diketahui, Bus wisata ini merupakan bus tingkat double decker yang memiliki dua lantai. Pada tingkat atas dapat digunakan untuk memberikan pemandangan yang lebih baik kepada penumpang.

Lantas, untuk calon wisatawan yang ingin menikmati sensasi keliling Kota Semarang menggunakan bus tingkat ini, dapat memperhatikan caranya sebagai berikut.

Baca juga: Honda Resmikan Museum Mobil Klasik, Koleksi Langka dan Bersejarah

Bus tingkat wisata kota semarang terparkir di kawasan Kota Lama Semarang, Jumat (6/9/2017). Bus double decker wisata Semarang beroperasi setiap hari Selasa-Minggu, dari Museum Mandala Bhakti ke destinasi-destinasi wisata favorit Semarang, salah satunya Kota Lama.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Bus tingkat wisata kota semarang terparkir di kawasan Kota Lama Semarang, Jumat (6/9/2017). Bus double decker wisata Semarang beroperasi setiap hari Selasa-Minggu, dari Museum Mandala Bhakti ke destinasi-destinasi wisata favorit Semarang, salah satunya Kota Lama.

Adapun cara naik bus wisata Kota Solo berdasarkan lama Pemerintah Kota Semarang:

1. Cara naik bus wisata untuk umum atau pribadi

Bagi masyarakat umum atau pribadi, bisa langsung datang ke Museum Ranggawarsita dengan membawa kartu identitas.

Perlu dicatat, khusus pribadi tersedia pada hari Sabtu dan Minggu dan satu identitas bisa digunakan untuk dua tempat duduk.

Selain itu loket pendaftaran dibuka pada pukul 07.00 WIB, dan tidak melayani booking online.

Baca juga: Cara Aktifkan Tarif Pelajar, Lansia dan Disabilitas Saat Naik Biskita

 

2. Cara naik bus wisata untuk rombongan

Sebelum menggunakan layanan bus wisata itu, rombongan bisa mengajukan atau mengirim surat permohonan kepada : Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang perihal City Tour Kota Semarang.

Untuk jadwal pelaksanaanya, menyesuaikan dengan Dinas dan sesuai dengan antrian penggunaan bus wisata Kota Semarang.

Selain itu, ketika mengirim surat permohonan, cantumkan jumlah peserta. Adapun peserta minimal adalah 30 orang dan maksimal 60 orang. Serta cantumkan nomor kontak dari penanggung jawab rombongan.

Baca juga: Tarif Tiket Bus Jurusan Solo - Bali mulai Rp 259.000

Adapun rute yang dituju Bus Wisata Kota Semarang ini adalah:

Museum Ranggawarsita- sepanjang Kalibanteng (Jalan Jenderal Sudirman)-Banjir Kanal Barat (BKB) Jalan Sugiyopranoto-Tugu Muda-Jalan Imam Bonjol-Stasiun Poncol, Kota Lama, Jalan Pemuda, dan Balai Kota Lawang Sewu.

Dan rute kembali di Tugu Muda-Pandanaran-Simpang Lima-Pusat Oleh-oleh Pandanaran-Kampung Pelangi-Taman Kasmaran-RS. Kariadi-Kaligarang-Sam Poo Kong-Pamularsih-dan berakhir di Museum Ranggawarsita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com