Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geber Toyota GR 86 di Sirkuit International Jakarta E-Prix

Kompas.com - 16/09/2023, 14:44 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota GR 86 resmi diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun lalu.

Sports car dari Toyota ini tampil sporty dan agresif. Apalagi dalam jajaran produk sports car Toyota, mobil ini masih terjangkau dengan harga Rp 984,1 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Kompas.com punya kesempatan untuk menjajal langsung performa, dan handling GR 86 di Sirkuit Jakarta International E-Prix, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (16/9/2023).

Baca juga: Bus PT SHA, Pakai Bodi Legacy SR3 Suites Combi Super Mewah

Memiliki DNA sports car, posisi duduk di kursi pengemudi benar-benar nyaman, didukung dengan sentuhan jok hingga interior yang sporty menjadikan nilai plus.

Kesempatan yang diberikan memang tidak begitu banyak, yaitu hanya satu putaran Sirkuit Jakarta e-Prix saja. Sambil didampingi oleh Adi dari Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI).

Model yang digunakan ketika itu masih standar dengan transmisi otomatis, tetapi sudah terasa bahwa mobil ini benar-benar liar, dan paling penting mudah dikendalikan.

Saat pertama menginjak pedal gas, suara mesin terdengar cukup sangar. Penguji kemudian menginjak pedal gas lebih dalam, di trek lurus menyentuh kecepatan 120 Kpj.

Test drive GR 86Kompas.com/Nanda Test drive GR 86

Cukup liar GR 86 ini. Wajar saja karena sports car ini dibekali mesin 2.400 Boxer Engine hasil kolaborasi dengan Subaru, yang dapat menghembuskan tenaga sampai 235 dk dan torsi puncak 250 Nm.

Beralih untuk membahas seputar handling GR 86. Ketika melintas di tikungan kiri dan kanan, kinerja suspensi yang dikolaborasikan dengan frame, hingga penyempurnaan jarak sumbu roda membuat sempurna.

Toyota telah merendahkan pusat gravitasi, dan mengatur distribusi berat mobil menjadi seimbang, yaitu 50:50, antara bagian depan dengan belakang.

Baca juga: Hyundai Masih Studi Penyematan Bluelink di Model Lain

Keseimbangan ini menjadikan GR 86 ini sedan sport yang nyaman dan menyenangkan ketika dikendarai.

Secara performa, GR 86 ini cukup kencang, untuk kelas sedan sport. Tampilan sporty, dengan banyak memiliki garis tajam pada bagian sisi kiri dan kanan, membuat mobil ini begitu agresif.

Begitu juga dengan handling yang luar biasa baik, sehingga tetap bisa membuat pengemudi merasa nyaman. Sepertinya, jika dibawa sehari-hari atau di jalan biasa pun, tetap akan merasakan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com