Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangki Truk Pemadam Kebakaran Bisa Tampung 10.000 Liter Air

Kompas.com - 06/09/2023, 13:00 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan pemadam kebakaran (Damkar) tidak hanya terdiri atas satu jenis saja, namun punya beberapa model dengan fungsi yang berdeda-beda.

Mulai dari truk yang hanya membawa foam atau busa saja, atau truk yang hanya membawa tangga saja dengan peralatan keselamatan.

Namun jenis kendaraan pemadam kebakaran yang paling terkenal adalah truk yang dilengkapi dengan tangki air. 

Eko Nugroho, salah satu regu Damkar Pasar Minggu Jakarta Selatan mengatakan, di kantornya menggunakan truk Damkar dengan pompa yang menghasilkan tekanan tinggi. Saat bertugas, nantinya truk tersebut akan mengangkut 6 personil, termasuk pengemudi.

"Truk pemadam kebakaran tersebut high pressure dengan kapasitas 10.000 liter air," kata Eko kepada Kompas.com di Kantor Damkar Pasar Minggu Jakarta Selatan, Selasa (5/9/2023). 

Baca juga: Ada Layanan Cek eSAF, Bengkel AHASS Ramai Didatangi Konsumen

Truk pemadam kebakaranKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Truk pemadam kebakaran

Baca juga: Morris Minor Traveller yang Identik dengan Oplet Si Doel

Eko mengatakan, tangki air pada truk Damkar akan selalu terisi sehingga pada saat dibutuhkan sudah siap.

Akan tetapi, dengan kapasitas air tersebut tidak cukup buat memadamkan kasus kebakaran yang besar. Sehingga, pada saat kebakaran, truk juga akan menggunakan pompanya untuk menghisap air guna memadamkan api. 

"Air apa saja kita hisap, baik dari kolam renang, air kali, empang, rawa dan air laut. Tapi pada saat selesai pemadaman kembali ke pos atau ke sektor, wajib diisi air hydrant  atau air bersih. Jadi unit mobil pembawa air yang sedang jaga di sektor atau pos, akan dipastikan airnya air bersih bukan air kotor," kata Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com