Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potret Emak-emak Naik Motor Enggak Pakai Rem, Sulit Mengalah

Kompas.com - 04/09/2023, 18:14 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian di jalanan memang ada-ada saja. Kadang sudah coba hati-hati, cuma ada saja perilaku orang lain yang bikin kesal di jalan.

Misal seperti pada video yang diunggah akun Dashcam Owners Indonesia, di mana ada mobil yang mau masuk jalan utama tapi ada motor yang tidak mengalah. Kebetulan, pengendaranya adalah wanita atau bisa disebut emak-emak.

Terlihat bagian mobil sudah mulai masuk ke jalan utama, tapi ada motor tadi yang memaksa masuk di depan kendaraan tersebut. Beruntung motor tadi tidak tersenggol, tapi yang miris adalah pengendaranya seperti tidak menggubris.

Baca juga: Momen Langka, Pria Ini Tuntun Moge Saat Lewat di Depan Emak-emak

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, kalau bicara emak-emak, kadang sering ditemui yang tidak sabaran saat di jalan dan terkesan kurang hati-hati.

"Ini bisa disebabkan karena memang pada awalnya mereka bisa berkendara hanya mengetahui cara mengoperasikan motor saja. Mereka tidak mempelajari cara berkendara yang aman saat di jalan," kata Agus kepada Kompas.com, Senin (4/9/2023).

Artinya, kebanyakan pengguna jalan belajar motor sendiri, tanpa paham bahayanya di jalan raya. Seharusnya ini bisa diubah, jadi semua orang bisa berperilaku lebih aman lagi di jalan.

Baca juga: Klasemen Sementara MotoGP 2023 Usai GP Catalunya, Bagnaia Masih Teratas


"Caranya bisa dengan memperbanyak sosialisasi keselamatan dari pihak terkait, khususnya kepada pengendara wanita atau emak-emak agar mereka percaya dan paham cara berkendara yang aman," kata Agus.

Tapi sebenarnya, kalau misal ada pelatihan tersebut semuanya kembali ke orangnya. Jika memang mau membenahi diri sendiri, maka akan dipelajari dan dipahami bagaimana cara berkendara yang aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com