Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mini Perkenalkan Countryman Generasi Baru Bertenaga Listik

Kompas.com - 02/09/2023, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mini resmi memperkenalkan Countryman generasi terbaru tepatnya di ajang Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) Mobility Show di Munich, Jerman.

Generasi ketiga dari Countryman ini diperkenalkan dalam dua varian, yakni Countryman E dan Countryman SE ALL4.

Menyoal eksterior, SUV ringkas ikonik asal Inggris ini memiliki dimensi yang lebih besar dari generasi sebelumnya. Meskipun tapaknya lebih besar, bodinya diklaim lebih aerodinamis dari sebelumnya.

Baca juga: Siap Jemput Bola, Chery Jadikan Tiggo 7 Pro Unit Service Car

Mengadopsi bahasa desain baru Mini yang disebut “Charismatic Simplicity“, Countryman generasi anyar tampil lebih modern dan agresif berkat garis-garis yang lebih tajam pada body.

Fascia baru Countryman menampilkan kisi-kisi berbentuk segi delapan yang sebagian besar dibuat senada dengan bodi.

Mini Countryman generasi terbaruDoc Carscoops Mini Countryman generasi terbaru

Lampu depan LED Mini yang semula identik dengan bentuk bulat, kini berubah menjadi lebih mengotak. Terlihat lebih ekspresif, namun tetap memberi karakter yang khas.

Countryman generasi terbaru juga dibekali dengan pelek yang lebih besar berukuran 20 inci. Meski begitu, tetap ada pilihan yang lebih kecil mulai dari 17 inci.

Detail penting lainnya termasuk overhang belakang yang melebar, gagang pintu yang kini dibuat rata, dan fender berbentuk kotak dengan lapisan plastik yang lebih tipis di sekitar lengkungan roda.

Pada bagian buritan, lampu belakang Matrix LED terlihat lebih ramping dengan detail Union Jack khas Mini.

Baca juga: Mobil Patroli Polisi dan Kendaraan Dinas Juga Wajib Ikut Uji Emisi

Mini Countryman generasi terbaruDoc Carscoops Mini Countryman generasi terbaru

Spoiler pada bagian atap dibuat lebih menonjol sehingga makin memperkental aura sporty mobil ini.

Bagian interior, tampilan kabin Countryman terbaru terlihat lebih sederhana dibanding dengan generasi sebelumnya. Tombol pengaturan di konsol tengah tampak lebih sedikit, sebab fungsi penting seperti dengan kelengkapan layar head unit yang lebih besar yakni 9,4 inci.

Layar head unit tersebut sudah dibekali sistem operasi Mini 9 berbasis Android yang terintegrasi dengan asisten virtual berbasis AI bernama Spike. Dengan sistem operasi tersebut, pengemudi dapat melakukan perintah suara.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Countryman generasi anyar sudah menghilangkan layar MID di balik kemudi. Segala informasi saat berkendara seperti kecepatan, konsumsi bahan bakar, semua dipindahkan ke layar head unit. Meski begitu, Mini menawarkan tampilan head-up opsional bagi pengemudi.

Mini Countryman generasi terbaruDoc Carscoops Mini Countryman generasi terbaru

Bicara soal jantung pacu, baik Countryman E (FWD) maupun SE ALL4 (AWD) dibekali dengan kapasitas baterai yang sama yakni 64,5 kWh. Jarak tempuh yang dihasilkan kedua varian ini juga tak berbeda, yakni mampu melaju sejauh 462 Km.

Hanya saja Countryman SE ALL4 (AWD) memiliki tenaga yang lebih besar, mencapai 308 Hp dan torsi 494 Nm. Sementara Countryman E menghasilkan tenaga 201 Hp dengan torsi maksimal 250 Nm.

Baca juga: KTT ASEAN ke-43 Jakarta, Ini Rekayasa Lalin dan Jalur Alternatif Besok

Untuk sistem keamanan, Mini melengkapi Countryman dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS) Level 2, termasuk sistem canggih seperti hands-free driving pada rute tertentu dengan kecepatan hingga 60 km per jam serta parkir otomatis.

Dikutip dari Carscoops, Sabtu (2/8/2023), Countryman anyar ini akan diproduksi di pabrik BMW Group di Leipzig mulai November 2023. Sayangnya, terkait harga belum diumumkan, namun diperkirakan akan lebih mahal dari generasi sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com