Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Mobil Bekas, Sebaiknya Patokan Servis Sesuai Km atau Waktu?

Kompas.com - 29/08/2023, 10:12 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Beli mobil bekas menjadi alternatif bagi konsumen yang memiliki dana terbatas. Meski begitu mereka juga memerlukan perawatan layak, agar tetap berfungsi optimal.

Namun, untuk servis mobil bekas apakah pemilik bisa berpatokan pada besaran kilometer pada odometer atau dari tahun produksi kendaraan?

Baca juga: Cara Cegah Rangka Mobil Tua Berkarat, Cuma Modal Rp 35.000

Servis mobil di bengkel resmi, pemeriksaan kondisi kaki-kakiKOMPAS.com/daafa Servis mobil di bengkel resmi, pemeriksaan kondisi kaki-kaki

Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, mengatakan, sebaiknya dibawa ke bengkel untuk screening terlebih dahulu.

"Ya jadi gini aja, kalau baru beli mobil bekas ya dibawa ke bengkel saja, kita ada paket-paketnya. Nanti kita screening dulu kondisi mobilnya seperti apa, nanti kita kasih arahan mana dulu yang harus diperbaiki. Kalau semuanya sudah tercapai, ikuti kilometer okelah," ungkap Iwan kepada Kompas.com, Senin (28/8/2023).

Namun perlu diketahui, jika ada beberapa bagian pada mobil bekas yang sudah melewati ambang batas pakainya, sehingga memerlukan penggantian.

Baca juga: KNKT Sedang Hitung Kasus Rangka eSAF Honda yang Bermasalah

Ilustrasi servis mobil Mercedes-BenzDok. MBDI Ilustrasi servis mobil Mercedes-Benz

"Memang agak susah kalau pakai waktu ya, tetap aja kalau ada masalah di jalan, ya harus segera dibawa ke bengkel," ungkap Iwan

Selain itu, untuk perawatan mobil matic dianjurkan untuk ganti oli secara rutin. Ini dapat mengurangi kerusakan, disarankan setiap 20.000 km (oli) diganti dan 40.000 km di flushing.

Hal serupa juga dikatakan Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, yang mengatakan, pemilik mobil diharuskan rutin melakukan servis berkala tiap kelipatan 10.000 km.

"Meski kebanyakan catatan servis berpatok pada jarak tempuh odometer, tetapi ada baiknya juga memperhatikan waktu atau time frame bukan kilometer saja. Umumnya, jangka waktu melakukan servis berkala adalah enam bulan sekali," ungkap Suparna beberapa waktu lalu.

Baca juga: Membandingkan Biaya Perawatan Mobil Transmisi Manual dan Matik

Permintaan servis mobil meningkat drastis jelang mudik lebaranKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Permintaan servis mobil meningkat drastis jelang mudik lebaran

Mobil yang sudah dipakai enam bulan, biasanya oli mesin akan mengalami perubahan, dan menimbulkan efek yang berpengaruh pada performa mobil. Jadi ada baiknya melakukan servis secara rutin.

Berikut beberapa bagian yang diperiksa saat melakukan perawatan rutin;

1. Oli mesin dan filternya
2. Saringan udara dan saringan AC yang ada di dalam kabin
3. Busi
4. Oli transmisi dan gardan
5. Minyak rem
6. Jumlah air aki
7. Cairan pendingin mesin
8. Minyak power steering

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com