Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Jamin Ketersediaan Suku Cadang buat Mobil Tahun Lama

Kompas.com - 25/08/2023, 16:41 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Setelah kembali ke pasar otomotif Tanah Air, Ford Motors yang kini ada di bawah naungan RMA Indonesia, mulai menerapkan strategi untuk menjangkau para konsumen.

Salah satu upaya yang dijadikan target utama adalah penyediaan suku cadang dan layanan purna jual berkualitas, untuk konsumen baru ataupun lama.

Upaya tersebut jika dilaksanakan linear, bersamaan dengan langkah RMA untuk memperbanyak dealer Ford di kota-kota besar seluruh Indonesia.

Steven Beteng, Sales and Marketing Derector RMA Indonesia menjelaskan, distribusi pengguna mobil Ford dalam skala nasional diklaim cukup banyak. Hal ini dianggap sebagai indikator baik, sekaligus tugas komitmen bagi RMA.

Baca juga: Hadir di Surabaya, Mitsubishi Harap XForce Terjual 300 unit

Ford Fiesta di bursa mobil bekas MGK Kemayoran.Febri Ardani/Otomania.com Ford Fiesta di bursa mobil bekas MGK Kemayoran.

“Mobil Ford ada banyak, khususnya tahun 2010 ke-atas. Kan masih sering ketemu (di jalan) Ford Fiesta, Ford Ecosport, Ford Focus juga,” ujarnya kepada Kompas.com di Tangerang, Rabu (23/8/2023).

Dia menambahkan, sejauh ini, Ford sudah memiliki 7 diler yang tersebar di kota-kota besar Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Adapun lokasi delaer tersebut yakni di Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, Banjarmasin, Balikpapan, dan Samarinda. Angka itu diharapkan bertambah dalam waktu dekat, di kota-kota besar lainnya.

“Ke depannya kami pasti akan ekspansi dan menambah jaringan, masuk ke kota-kota besar lain. Selalu ada diskusi dengan prinsipal global dan stakeholders,” kata dia.

Baca juga: Resmi Kembali ke Indonesia, Ford Motors Umumkan Nakhoda Baru

Ford Everest TitaniumKompas.com/Daafa Alhaqqy Ford Everest Titanium

Konsumen pengguna mobil Ford bisa mendatangi dealer-dealer tesebut untuk mendapatkan layanan aftersales, seperti servis rutin atau restorasi komponen tertentu.

Steven juga mengklaim jika ketersediaan suku cadang sudah sangat terkontrol, sehingga pengguna Ford tidak perlu cemas lagi tekait isu onderdil susah.

Untuk diketahui, pada awalnya, Ford merupakan salah satu pabrikan asing yang pertama kali masuk ke Indonesia secara independen pasca-era kemerdekaan, tepatnya pada tahun 1951 silam, dengan nama Ford Motors Indonesia (FMI).

Baca juga: Ford Incar Target Pengusaha dan Segmen Menengah ke Atas

Ilustrasi Konvoi Mobil di Indonesia. stanly Ilustrasi Konvoi Mobil di Indonesia.

Memasuki tahun 2015, penjualan Ford kian merosot dan pangsa pasarnya menurun. Imbasnya, pabrikan asal Amerika ini terpaksa menutup basis operasinya di Indonesia pada tahun 2016.

Setelah kembali di bawah naungan RMA Indonesia sebagai APM baru, Ford berkomitmen untuk menjangkau semua lapisan konsumen, dengan pola pemasaran bertahap dan lebih sistematis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com