Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nostalgia Teknologi Hybrid Lawas Honda CR-Z di GIIAS 2023

Kompas.com - 13/08/2023, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Honda CR-Z termasuk mobil hybrid yang diluncurkan sebelum era elektrifikasi berkecamuk di Indonesia. Sedan sport ini ternyata dipajang lagi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, ICE, BSD, Tangerang, Banten.

Honda CR-Z adalah salah satu produk global Honda yang pertama kali diluncurkan pada 2010. Sedan coupe ini dibawa ke Indonesia untuk pertama kalinya pada 2012 dan dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS).

Baca juga: Pertama Kali di Indonesia, Honda Pamerkan Mobil Konsep SUV e:Prototype

PT Honda Prospect Motor (HPM) selanjutnya memasarkan CR-Z hingga 2015. Lalu, memasuki 2016, versi facelift didatangkan dari Jepang. Sayangnya, tidak lama kemudian, Honda memutuskan untuk menghentikan produksi mobil berteknologi hybrid ini.

Mobil hybrid Honda CR-Z dipamerkan juga di GIIAS 2023Dok. HPM Mobil hybrid Honda CR-Z dipamerkan juga di GIIAS 2023

CR-Z dibekali dengan mesin i-VTEC, 4-silinder, dengan kapasitas 1.500 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 116,3 Tk dan torsi 172,1 Nm, yang disalurkan melalui transmisi CVT. Tersedia juga transmisi manual 6-percepatan, yang memiliki torsi 189,8 Nm.

Performa CR-Z didukung oleh teknologi hybrid Honda pada saat itu, yakni Integrated Motor Assist (IMA). Motor listrik ini disertai baterai 100 volt dan mampu memberikan tenaga tambahan hingga 20 Tk saat mobil berakselerasi.

Baca juga: Fitur Canggih Honda Connect All New CR-V Hybrid

Honda juga melengkapi CR-Z tiga mode berkendara, yakni Normal, Sport, dan Econ. Selain itu, ada pula fitur S+ (Sport Plus). Fitur ini akan memaksimalkan tenaga mesin dan motor listrik secara bersamaan.

Mobil hybrid Honda CR-Z dipamerkan juga di GIIAS 2023Dok. HPM Mobil hybrid Honda CR-Z dipamerkan juga di GIIAS 2023

Honda juga membekalinya dengan beberapa fitur keselamatan, seperti Anti-lock Braking System, Electronic Brake-force Distribution, Brake Assist, Vehicle Stability Assist, dual front SRS airbag, side airbag, dan side curtain airbag.

Selain itu, dilengkapi juga dengan kamera mundur atau kamera parkir. CR-Z juga memiliki fitur canggih lainnya, seperti smart entry, one push ignition system, steering switch telephone, electronic parking brake, serta head unit berukuran 7 inci dengan kemampuan konektivitas yang lengkap.

Tapi, tak sedikit sebenarnya orang yang jatuh hari karena melihat desain bodinya yang aerodinamis. Desainnya sangat mencirikan karakter mobil sport. Apalagi, mobil ini hanya memiliki dua pintu.

Saat ini, Honda CR-Z masih tersedia di pasar, tentu saja di segmen mobil bekas. Kalau menelisik sejumlah situs jual-beli mobil bekas online, CR-Z lansiran 2013 ada yang dijual dengan harga Rp 250 jutaan, sampai lansiran 2015 ada yang berani menjual Rp 325 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com