Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Spesifikasi Lengkap 2 Mobil Hybrid Haval di GIIAS 2023

Kompas.com - 11/08/2023, 08:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Great Wall Motor (GWM) resmi memperkenalkan dua model Haval, yaitu H6 dan Jolion di ajang GIIAS 2023. Keduanya menggunakan teknologi hybrid dan akan mulai dijual pada kuartal pertama 2024.

Constatinus Herlijoso, General Manager PT Inchcape Indomobil Energi Baru, mengatakan, pameran GIIAS 2023 menjadi ajang perkenalan GWM di Indonesia.

Baca juga: Intip Spesifikasi GWM Tank 500 yang Dipamerkan di GIIAS 2023

Haval H6 HEV meluncur di GIIAS 2023 Kompas.com/Erwin Setiawan Haval H6 HEV meluncur di GIIAS 2023

“Product series GWM Haval yang kami kenalkan ada 2 jenis, keduanya merupakan SUV hybrid” ucap Herlijoso kepada Kompas.com, Selasa (10/8/2023).

Mobil ini menggunakan mesin 1.500 cc yang cukup efisien karena berpatokan pada standar Euro 5 sehingga emisi gas buangnya rendah.

Di atas kertas, Haval H6 HEV dan Haval Jolion HEV mampu menghasilkan torsi maksimal hingga 500 Nm dan tenaga 140 KWh atau setara 188 Tk dengan transmisi otomatis dedicated hybrid transmission (DHT).

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Mobil Listrik GWM Ora 03 yang Dipamerkan di GIIAS 2023

Interior Haval merek dari GWM yang meluncur di GIIAS 2023Kompas.com/Erwin Setiawan Interior Haval merek dari GWM yang meluncur di GIIAS 2023

“DHT merupakan fitur keunggulan pada Haval karena memungkinkan mobil memanfaatkan tenaga dari mesin sekaligus mengisi daya baterai (series hybrid), mengandalkan motor listrik (EV mode) dan mengandalkan tenaga motor listrik bersamaan dengan motor listrik (parallel hybrid),” ucap Herlijoso.

Sedangkan Haval Jolion HEV memiliki spesifikasi mesin dan transmisi sama dengan Haval H6 HEV, hanya saja dilengkapi fitur keselamatan lebih lengkap.

“Haval Jolion dilengkapi ADAS sebagaimana mobil premium pada umumnya, seperti auto pilot,” ucap Herlijoso.

Seperti namanya, Jolion yang dibentuk dari dua kata "joe" dan "lion" yang artinya menyenangkan dan bertenaga. Menyenangkan karena Haval Jolion dibekali fitur lengkap dan bertenaga karena memiliki konfigurasi mesin dan transmisi andal. 

Baca juga: Tahun Depan GWM Mulai Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Haval H6 HEV dari GWMKompas.com/Erwin Setiawan Haval H6 HEV dari GWM

Mobil ini juga dilengkapi Panoramic sunroof sebagai fitur opsional pada tipe tertentu sehingga konsumen bisa memilih sesuai selera.

Sayangnya, saat ini ketiga produk dari GWM tersebut belum dijual. Rencananya, setelah fasilitas produksi rampung dan berjalan, GWM akan menjual mobilnya secara CKD (Completely Knock Down).

"Penjualan dan produksi akan dimulai pada akhir kuartal pertama 2024, sekitar Maret-April," ucap Herlijoso.

Menurutnya, pihaknya belum menentukan lokasi pabrik GWM. Pasalnya ada beberapa fasilitas yang sedang dipertimbangkan, termasuk pabrik milik Indomobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com