Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Perindustrian Senang Neta V Bakal Dirakit Lokal

Kompas.com - 10/08/2023, 12:08 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, mengunjungi booth Neta usai membuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Di booh Neta, keduanya melihat berbagai mobil listrik asal China tersebut, yaitu yaitu Neta U, Neta S, dan Neta V.

Usai melihat-lihat mobil, Agus Gumiwang mengatakan ke depan Neta akan memproduksi mobil-mobilnya di Indonesia, yaitu Neta V, sebagai model pertama yang bakal meluncur di Tanah Air.

Baca juga: Menko Airlangga dan Menperin Agus Puji Truk Listrik Fuso eCanter

"Ini akan diproduksi di Indonesia," ujar Agus di ICE, BSD City, Tangerang, Kamis (10/8/2023).

Seperti diberitakan, Neta akan memperkenalkan sekaligus tiga model untuk Indonesia, yaitu Neta U, Neta S, dan Neta V. Namun, model yang lebih awal dijual yaitu Neta V yang merupakan mobil listrik bergaya crossover.

agus & airlangga neta v KOMPAS.com/Claudia agus & airlangga neta v

Belum lama ini Neta V sudah tiba di Indonesia dan tepergok sedang ada di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Untuk diketahui, Neta V sebelumnya sudah lebih dulu dijual di Malaysia, Brunei dan Thailand.

Dilansir dari Paultan, Neta V dijual perdana di Thailand pada akhir Maret 2023. Di negara Gajah Putih tersebut Neta V dibanderol 549.000 baht atau setara Rp 237,9 juta.

Baca juga: Catat, Ini Daftar Merek Mobil dan Motor di Pameran GIIAS 2023

Adapun di Malaysia, Neta V dipasarkan mulai Mei 2023 dengan harga 99.000 ringgit atau setara Rp 328,1 juta. Beda tipis di bawah Toyota Veloz tipe Q yang dipasarkan seharga Rp 335 jutaan.

Soal spesifikasi, Neta V memiliki dimensi panjang 4.070 mm, lebar 1.690 mm dan tinggi 1.540 mm. Jarak sumbu roda mencapai 2.420 mm dan bobot keseluruhan hingga 1.279 kg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com