Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Bawa Mobil Konsep Ariya Single Seater di GIIAS 2023

Kompas.com - 10/08/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada GIIAS 2023, Nissan membawa mobil konsep yang unik, yakni Ariya Single Seater. Mobil tersebut merupakan pengandaian kalau motor listrik di mobil penumpang dipakai jadi jantung pacu mobil balap.

Mobil listrik Nissan Ariya sebenarnya sudah dijual secara global, punya desain yang unik dengan motor listrik yang bisa diandalkan. Secara standar, tersedia empat pilihan motor listrik dan dua baterai.

Untuk baterai paling kecil kapasitasnya 63 kWh dan paling besar 87 kWh. Pilihan motor listriknya juga mulai 214 TK dan paling tinggi 389 TK.

Baca juga: Nissan X-Trail Lawas Dianggap Boros, Begini Cara Mengobatinya

Nissan Ariya Single Seat ConceptGLOBAL.NISSANNEWS.com Nissan Ariya Single Seat Concept

Bayangkan saja motor listrik bertenaga 389 TK tadi dipasang ke sasis mobil balap yang ringan. Maka jadilah Nissan Ariya Single Seater Concept, eksplorasi Nissan dalam pencarian performa dan kemampuan dari motor listrik.

Konsep ini juga mendemonstrasikan teknologi yang dikembangkan Nissan untuk kendaraan listrik di masa depan. Jadi membawa keseruan dari mobil listrik perkotaan ke trek balap.

Soal tampilan, Ariya Single Seat Concept membawa desain dari Ariya yang dipakai di jalan raya. Misal seperti di depan ada tarikan garis seperti huruf V yang bersinar, mirip dengan fasia dari Ariya.

Baca juga: Mooney VR46 Akan Gantikan Marco Bezzecchi dengan Franco Morbidelli


Pada bagian samping juga desain Ariya Single Seat Concept mengambil dari Ariya yang mengalir. Tapi untuk yang konsep ini, memakai bahan serat karbon agar ringan dan dibentuk mengalir seperti dari udara.

Konsep ini juga mengambil inspirasi dari mobil Nissan di ABB FIA Formula E. Memang, pada ajang balap tersebut, motor listrik yang digunakan adalah dari mobil jalan raya, tapi dikeluarkan semua kemampuannya.

Mobil konsep ini bisa dilihat di booth Nissan yang berada di Hall 3A ICE BSD. Pameran GIIAS 2023 juga resmi dibuka pada Kamis (10/8/2023) sampai Minggu (20/8/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com