Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengakuan Pelaku Curanmor, Mudahnya Bobol Kunci Magnet Honda Beat

Kompas.com - 03/08/2023, 16:05 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - OA (24 tahun) tersangka pelaku pencurian sepeda motor mengatakan, ada tiga motor yang paling diincar pelaku kejahatan, yaitu Honda Beat, Vario dan juga Scoopy.

OA yang sudah tiga kali tertangkap kasus pencurian mengatakan, Beat, Vario dan Scoopy paling mudah digasak. Meski ketiganya saat ini sudah memakai penutup lubang kunci bermagnet atau disebut Secure Key Shutter (SKS).

Baca juga: Bicara Kemungkinan The New SUV Mitsubishi Pakai Mesin Hybrid

Dengan kata lain, fitur yang semula dianggap dapat mencegah pencurian di motor entry level Honda tersebut saat ini mudah diakali oleh penjahat pencurian motor.

Anak kunci motor Honda- Anak kunci motor Honda

"Beat yang sudah pakai kunci magnet, itu sudah alatnya juga. Semua motor Beat kalau pakai alat itu pasti bisa dibuka," kata OA yang ditemui Kompas.com, di Polsek Tambora, Jakarta Barat, Kamis (3/8/2023).

Baca juga: Sudah Ada Korban Jiwa, Bahaya Kabel Menjuntai bagi Pengendara Motor

OA menjelaskan alat tersebut berupa kotak segi empat yang terdiri dari susunan empat magnet. Dengan menggunakan alat itu, pencuri dapat membuka lubang kunci magnet motor dengan mudah.

"Alatnya berupa magnet, magnet doang, cuma magnetnya empat, bentuknya kotak. Kalau motor kan tiga ini empat. (Alatnya itu bikin) kami dari penadahnya," ujar OA.

Petugas Polsek Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, berusaha memberhentikan pengendara sepeda motor yang berusaha menghindari razia di Jalur Utama Pantura, Rabu siang (3/2/2016). Petugas langsung memberhentikan, mengambil kunci motor, dan melakukan pemeriksaan. Kompas.com/ MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Petugas Polsek Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, berusaha memberhentikan pengendara sepeda motor yang berusaha menghindari razia di Jalur Utama Pantura, Rabu siang (3/2/2016). Petugas langsung memberhentikan, mengambil kunci motor, dan melakukan pemeriksaan.

"Seperti kita buka kunci biasa saja kalau ada magnet itu. Tinggal diputar doang nanti buka sendiri," ujar OA.

Baca juga: Ini Komponen Motor Matik yang Kerusakannya Sulit Diprediksi

OA mengatakan, tidak butuh waktu lama buat dia untuk menggasak motor curian yang sudah diincar. Tak heran jika setiap hari paling banyak dia bisa mencuri lima motor.

"Hitungan detik. Paling lama satu menit (itu sudah untuk mengintai). Tapi untuk ngambilnya paling 5-10 detik," kata OA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com