Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Vellfire Dibuat Ceper, Tampil Mewah dan Elegan

Kompas.com - 29/07/2023, 11:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Vellfire merupakan salah satu mobil jenis luxury MPV yang banyak diminati oleh konsumen otomotif menengah ke atas. Dengan harga mencapai lebih dari Rp 1 miliar, tak heran jika mobil ini hanya dimiliki oleh kalangan tertentu.

Meski tampilan standarnya sudah cukup mewah, namun ada saja pemilik yang ingin mobilnya terlihat beda. Seperti contoh yang dilakukan oleh pria bernama Josin.

Kepada Kompas.com, pria berusia 28 tahun ini mengaku pada dasarnya memang menyukai mobil dengan dimensi besar seperti Toyota Vellfire.

Baca juga: Jokowi Lobi Pengusaha China untuk Ikut Bangun Ekosistem EV di Indonesia

Modifikasi Toyota Vellfire Foto by ted diesta (deepend.id)Jakon11 Modifikasi Toyota Vellfire

“Mobil ini adalah family car ke-9 saya. Sebelumnya saya punya Kijang Grand, Kijang Kapsul, Kijang Innova, Honda Odyssey RB1, Honda Odyssey RB2, Toyota Estima, Mercy Viano, VW Caravelle, dan terakhir berlabuh ke Toyota Vellfire ini. Memang pada dasarnya suka mobil van yang gede,” ucap Josin, kepada Kompas.com, Jumat (28/7/2023).

Memiliki hobi modifikasi, membuat Josin turut melakukan ubahan pada Toyota Vellfire agar tampak lebih elegan dan tetap nyaman untuk digunakan sehari-hari.

“Pada dasarnya memang suka modifikasi mobil van, dimensinya lebih besar, baik interior maupun eksterior. Kalau secara khusus dengan tipe Vellfire ini karena selain modelnya Jepang banget, juga timeless. Untuk konsep modifikasinya ke arah elegan saja, karena kalau aliran lain yang lebih ekstrem takutnya tidak nyaman untuk daily use,” kata pria asal Jakarta ini.

Modifikasi Toyota VellfireFoto by ted diesta (deepend.id) Modifikasi Toyota Vellfire

Pada bagian eksterior, Josin merubah warna body dengan cat berwarna Xyralic Blue dari Kha-One Bodyworks. Tampilan fascia Vellfire milik Josin tampil lebih simpel dan elegan berkat grill Topline Japan dari Sisukacorp.

“Tahap pertama modifikasi tidak merubah cat, sebelumnya warna hitam standar dengan bodykit. Setelah itu kita ingin tonjolkan warna biru yang mungkin satu-satunya digunakan di mobil Vellfire kita aplikasikan, dan lepas bodykitnya biar natural,” ucap Josin.

Bagian kaki-kaki turut mendapat ubahan, sehingga terlihat ceper dan hampir menyentuh aspal. Di bagian undercarriage Josin menyematkan air suspension 4 point Accuair by Dimension Garage, kemudian management D2 super performance package.

Serta rem Big Brake Kit (BBK), depan brembo f50 4port disc drill slot 355, belakang brembo f40 4 port disc 355.

Modifikasi Toyota Vellfire Foto by ted diesta (deepend.id) Modifikasi Toyota Vellfire

Sementara untuk pelek menggunakan Work CV201 (20x8.5+10 et 42 5x112) by Rimwerkz, yang dibalut ban Accelera profil 245/35 di bagian depan dan Accelera profil 245/45 pada bagian belakang.

Adapun di bagian buritan, Josin menggunakan stoplamp model LED Alphard custom, simpel namun tetap menarik.

“Untuk bagian interior full restorasi by Aldynes Leather Seat. Kemudian partisi custom menggunakan ex Vellfire 2020. Sementara untuk audio memakai head unit Android dan, sub dan power venom,” kata Josin.

Modifikasi Toyota VellfireFoto by ted diesta (deepend.id) Modifikasi Toyota Vellfire

Pria yang bekerja sebagai konsultan ini mengaku tidak menemukan kesulitan saat memodifikasi mobil ini, sebab dirinya tetap mengutamakan kenyamanan dengan prinsip daily use.

Baca juga: Luhut Minta Sinergitas buat Program Konversi Motor Listrik

Menyoal waktu dan biaya, Josin mengaku hanya butuh satu bulan untuk memodifikasi Toyota Vellfire bergaya elegan ini, dengan menghabiskan dana sekitar Rp 200 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com