Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Ralliart Siap Pertahankan Kemenangan di AXCR 2023

Kompas.com - 27/07/2023, 12:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Mitsubishi Ralliart akan kembali berkompetisi pada ajang Asia Cross Country Rally (AXCR). Tim balap reli ini optimistis bisa mempertahankan kemenangannya pada AXCR 2023.

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) kembali memberikan dukungan secara teknis kepada tim Mitsubishi Ralliart pada ajang reli Dakar versi Asia, yakni AXCR 2023. Balap reli ini akan dimulai dari Thailand menuju Laos, menggunakan mobil reli berbasis model All-New Triton belum lama ini resmi diluncurkan.

Baca juga: Persiapan Mitsubishi Triton Generasi Terbaru Jelang AXCR 2023

All-New Triton telah didesain ulang sepenuhnya dan mengalami banyak pembaruan secara signifikan pada semua aspek. Pikap kabin ganda ini telah dimodifikasi sesuai dengan regulasi kendaraan AXCR.

Tim Mitsubishi Ralliart yang akan berlaga pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023Dok. Mitsubishi Tim Mitsubishi Ralliart yang akan berlaga pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023

Triton sendiri sudah memiliki reputasi yang kuat sebagai kendaraan yang tangguh. Untuk AXCR, Triton juga akan ditingkatkan performanya agar semakin bertenaga dan responsif di rentang kecepatan penuh, serta sanggup menghadapi kondisi jalan yang berat seperti jalan berlumpur.

Pada ajang AXCR 2023, tim Mitsubishi Ralliart akan berpartisipasi dengan tiga mobil yang akan dikemudikan oleh Chayapon Yotha asal Thailand, pebalap yang merupakan juara AXCR tahun lalu. Kemudian, ada juga Rifat Sungkar, pebalap Indonesia yang menempati posisi kelima secara keseluruhan tahun lalu.

Baca juga: Julian Johan Optimistis Kibarkan Merah Putih di AXCR 2023

Lalu, diperkuat juga dengan kehadiran Katsuhiko Taguchi asal Jepang, yang memenangkan Kejuaraan Reli Asia-Pasifik pada 1999 dan 2010. Direktur Tim Hiroshi Masuoka dan teknisi Mitsubishi Motors akan bekerjasama dengan tim reli.

Tim Mitsubishi Ralliart yang akan berlaga pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023Dok. Mitsubishi Tim Mitsubishi Ralliart yang akan berlaga pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023

Masuoka dan timnya akan melakukan segalanya, mulai dari menganalisa kondisi persaingan melalui segmen balap dan merumuskan strategi hingga memberikan dukungan teknis di area servis.

"Mobil reli Triton telah menjalani pengujian ketahanan lebih dari 2.000 Km di Jepang dan Thailand tanpa masalah besar, dan kami telah memastikan bahwa mereka memberikan performa yang lebih baik daripada model tahun lalu di setiap stage, mulai dari tanah datar untuk kecepatan tinggi, hingga stage berlumpur dengan kecepatan rendah," ujar Masuoka, dalam keterangan resminya.

Tim Mitsubishi Ralliart dengan All-New Triton yang akan berkompetisi pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023Dok. Mitsubishi Ralliart Tim Mitsubishi Ralliart dengan All-New Triton yang akan berkompetisi pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023

Masuoka menambahkan, dengan menurunkan tiga mobil reli, yang masing-masing bersaing untuk kemenangan keseluruhan, timnya akan berusaha untuk memenangkan kejuaraan ini berturut-turut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com