Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Desain Motor Listrik Banyak yang Mirip Vespa?

Kompas.com - 20/07/2023, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor listrik lansiran terbaru yang banyak beredar di pasaran cenderung memiliki kemiripan, yakni mengusung desain seperti Vespa.

Hal ini terkadang memicu kebingungan dari para konsumen, karena ada beberapa motor listrik dengan merek berbeda tapi mengusung model yang sama, selayaknya skutik Eropa.

Banyak yang menduga, hal itu dikarenakan pabrikan motor listrik menginginkan produknya langsung populer dan mudah diterima konsumen, namun benarkah demikian?

Christian Nico Sudarmadji, Direktur Utama PT Kool EV-Motor menjelaskan, asumsi itu tidak sepenuhnya benar. Ada alasan teknis di balik pemilihan model skutik eropa untuk sasis motor listrik.

Baca juga: Mobil Listrik Suzuki Tertangkap Kamera Sedang Lakukan Tes Jalan

Motor listrik Pacific di Jakarta FairKompas.com/Daafa Motor listrik Pacific di Jakarta Fair

Menurutnya, penempatan baterai dan controller dinamo jauh lebih mudah dipasang di motor listrik yang desainnya seperti skutik eropa.

“Sisi belakangnya kan lebar, jadi bisa digunakan untuk tempat baterai dan komponen elektrikal lainnya. Tetap kelihatan rapih dan pemasangannya mudah,” ujarnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Hal serupa juga disampaikan Iman Budiadji Wibawa, Direktur Utama Greentech. Menurutnya, motor listrik dengan desain Vespa bisa dibekali baterai dengan kapasitas yang jauh lebih besar.

“Baterainya bisa dipasang secara vertikal tanpa membuat ukuran motor menjadi besar. Model skutik Eropa jauh lebih fleksibel,” ujarnya.

Baca juga: Waspada, Motor Listrik Bisa Cepat Rusak karena Ini

Motor listrik Keeway EV Anne meluncur di PEVS 2023Kompas.com/Donny Motor listrik Keeway EV Anne meluncur di PEVS 2023

Argumen lain disampaikan Franky Osmond, Marketing Communications Manager Viar Motor Indonesia. Dia mengakui, motor listrik dengan model Vespa jauh lebih menarik bagi konsumen.

Hal itu dianggap sebagai hal positif, karena bisa membantu penerimaan, sekaligus meninggikan minat masyarakat terhadap motor listrik.

“Kita sudah tahu kalau model ini (skutik Eropa) sangat populer di kalangan masyarakat, itu jadi salah satu alasannya,” kata dia.

Kendati demikian, masih ada beberapa jenama motor listrik yang mencoba berinovasi, tidak serta merta menggunakan model skutik Eropa.

Baca juga: Sudah Banyak Komponen Modifikasi Motor Listrik yang Tersedia

Motor listrik United TX3000 saat dipakai hujan-hujanan di rute Jakarta-Bogor.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Motor listrik United TX3000 saat dipakai hujan-hujanan di rute Jakarta-Bogor.

Hal itu sebagaimana disampaikan Yandi Sosiandi Head of Marketing PT Bintang Mas Lestari (PT BML) selaku pemegang merek United E-Motor.

Menurutnya, United tidak berniat membuat motor listrik dengan model skutik Eropa, dengan alasan untuk memunculkan brand identity sendiri.

Persoalan kapasitas baterai yang lebih besar tentu bisa dicapai, selama riset dan pengembangan sudah matang dan sesuai.

“Kami (United E-Motor) mengembangkan motor listrik tentu melewati tahap research and development, jadi urusan model, tentu sudah dipertimbangkan,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com