Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai LCGC, Tim Balap Asal Malang Raih Prestasi Nasional

Kompas.com - 11/07/2023, 12:42 WIB
Nugraha Perdana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Salah satu diler mobil di Kota Malang, Jawa Timur yakni Toyota Kartika Sari Malang, tengah mengembangkan potensi pembalap lokal untuk unjuk gigi di kancah nasional. Penjaringan pembalap menargetkan customer yang memiliki minat besar dalam dunia balapan.

Saat ini, terdapat empat pembalap asal Malang Raya yang tergabung dengan tim mobil balap bernama Kartika Sari Motorsport (KSM). Mereka yakni Alief Rendy, Felicia Ivana, Lucky HD dan Hermala P.

Manager Tim KSM, Aris Bayu mengatakan, pembalap yang direkrut juga diutamakan telah memiliki prestasi sebelumnya. Mereka yang terpilih telah menjalani serangkaian seleksi bertahap. Selain itu, latihan rutin dilakukan menjelang ajang balapan.

"Mereka awalnya customer kami, seperti servis disini, kemudian memiliki keinginan untuk ikut balapan, ada satu wanita. Tapi tentu harus ada pengalaman, karena tim ini kan biayanya juga tidak main-main," kata Aris pada Senin (10/7/2023).

Baca juga: Ini Kembaran Suzuki Ertiga dengan Logo Toyota Bernama Rumion

Salah satu tujuan dari pengembangan pembalap lokal untuk meminimalisasi balap liar yang kerap terjadi. Kedepan, pihaknya berharap bisa membentuk akademi balap sehingga regenerasi pembalap asal Malang Raya dapat terjaga terus.

"Harapannya kedepan kami bisa ada akademinya, supaya arek nom-noman (muda-muda) tidak melakukan balap liar. Kami tetap mengutamakan (pembalap) asal Malang, local pride-nya yang kita tonjolkan," katanya.

Lebih lanjut, tim KSM juga menggaet enam crew mekanik dari dealer Toyota Kartika Sari Malang sendiri. Mereka adalah Adim Mulyanto, Frediansa Risky, Alfan Bachtiar, Kharis Nur, Irfan Aziz dan Yusuf Baktiar.

Saat ini ada dua kategori motorsport yang diikuti oleh tim KSM yaitu Slalom dan Sprint Rally. Mobil yang digunakan yakni Toyota Agya dengan jenis LCGC. Dalam ajang motorsport, mobil jenis LCGC masih jarang digunakan oleh tim-tim balap.

Baca juga: Tamiya Wild One Max Dibuat jadi Mobil Betulan

Meski begitu, tim KSM berani menggunakan mobil Agya untuk berkompetisi dengan sentuhan mekanik dan potensi pembalap lokal. Modifikasi mobil juga tidak banyak dilakukan atau hanya bagian bagian tertentu.

Mesin yang digunakan masih standar pabrikan. Sedangkan modifikasi dilakukan seperti pada bagian air scoop untuk memperoleh udara lebih banyak dan knalpot dengan freeflow sehingga performa dapat meningkat.

"Kami pakai mobil ini karena punya kelincahan, power full dan handling yang bagus. Kendaraan ini masih jarang dipakai untuk balap, tapi ternyata kami bisa melakukannya dan prestasinya lumayan. Ini menunjukan ternyata Toyota Agya bisa digunakan race," katanya.

Pada tahun 2023 ini, tim KSM mampu unjuk gigi dengan meraih prestasi di beberapa kejuaraan nasional. Seperti Autokhana Slalom Championship 2023 di Yogyakarta, Sidoarjo dan Jakarta hingga Kejurnas Sprint Rally 2023 di Bandung.

"Di kejuaraan Autokhana Slalom dan Sprint Rally 2023, setiap serinya kami bisa berprestasi. Mulai peringkat 7 hingga juara 2," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com