Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skylander R22 Aero 9 SLR 0-Gravity Series, Sleeper Bus New Armada

Kompas.com - 10/07/2023, 15:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri New Armada akhirnya resmi meluncurkan bodi sleeper bus perdana. Bodi bus terbaru tersebut diberi nama Skylander R22 Aero 9 SLR 0-Gravity Series.

Perusahaan otobus (PO) yang menggunakan bodi bus tersebut secara perdana adalah Bintang Zahira Trans.

Bus milik PO yang berbasis di Makassar itu berjumlah dua unit dengan kelir yang berbeda, satu hijau dan satu lagi biru.

Kemudian secara desain, bodi bus tersebut mengadopsi Skylander R22 yang dirancang ulang menggunakan desain sleeper bus.

Baca juga: Besaran Denda Tilang 14 Jenis Pelanggaran di Operasi Patuh Jaya 2023

Deddy Hermawan, Design Development Karoseri New Armada mengatakan, kendati menggunakan DNA dari Skylander R22 ada sederet ubahan yang dilakukan baik itu dari segi eksterior atau interior.

Alhasil, bodi terbaru model sleeper bus milik New Armada tersebut menggunakan sejumlah teknologi modern dan canggih sehingga kendaraan kapal ruang angkasa.

“Ubahan eksterior bus yaitu adanya garis siluet eksterior samping dan garnis selendang samping yang di desain khusus untuk tipe SLR atau sleeper bus ini,” kata Deddy kepada Kompas.com, Senin (10/7/2023).


Deddy menjelaskan, ubahan tersebut agar visual penumpang tetap leluasa tanpa terhalang saat melihat ke luar. Tidak hanya itu, ubahan tersebut juga memberikan nuansa futuristik atau space age.

Kemudian, untuk fasia depan dan belakang masih menggunakan ciri khas bodi Skylander R22 sebelumnya. Lalu pada kaca samping disematkan tulisan Aero 9 SLR.

“Aero adalah bus tipe kaca depan double glass dengan aero kit (bando). 9 adalah badge untuk tipe ketinggian max 3.9 meter. Dan SLR adalah badge tipe Sleeper,” kata Daddy.

Baca juga: Unik, Berikut Nama Sandi Razia Operasi Patuh di Seluruh Indonesia

Secara keseluruhan, Deddy menjelaskan bus tersebut punya konsepnya bernuansa Space Ship Cabin atau kabin di kapal ruang angkasa dengan nama panggilan Galaxy Space Pod atau Space Pod.

“Nuansa space age diaplikasikan dengan tampilan desain futuristik, material yang tepat dan tata cahaya nuansa lightsaber dengan dominasi blue light LED liner,” kata Deddy.

Kemudian, setiap kursi penumpang dirancang dengan konsep Zero Gravity yang mana distribusi beban badan akan ditopang secara merata. Sehingga kursi sleeper menciptakan sudut ergonomi yang dapat diatur dengan cermat.

“Saat ini baru PO Bintang Zahira yang menggunakan bodi sleeper bus terbaru milik New Armada. Nantinya akan menyusul PO lain akan menyusul dan masih dalam proses,” kata Deddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com