Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Bocah Pakai Honda Karisma Taklukkan Tanjakan Motor Trail

Kompas.com - 03/07/2023, 19:22 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial memperlihatkan seorang pemuda menggunakan Honda Karisma modifikasi mampu menghajar tanjakan yang biasa dijadikan tantangan pegiat motor trail.

Dalam video yang diunggah akun Instagram, trailkabutsalju, terlihat pemuda tersebut mampu menaklukkan tanjakan dengan baik. Bocah tersebut kemudian disoraki bahkan "disawer" karena mampu naik tanjakan.

Baca juga: Meski Belum Berlaku, Polisi Terima Jika Pemohon SIM Bawa Sertifikat

"Bocil nanjak pake honda kharisma di tanjakan build up langsung disawer ???????????? Jalur Wisata Trail MAG Banyumas," tulis akun tersebut dalam keterangan video, dikutip pada Senin (3/7/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MEDIA TRAIL INDONESIA (@trailkabutsalju)

Kasus seperti ini sebetulnya bukan pertama kalau terjadi, Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, tak sedikit video motor bebek mengalahkan motor trail di habitatnya.

Namun Agus mengingatkan bahwa banyak faktor hal itu terjadi. Salah satunya beban motor trail lebih berat, sehingga bebek bisa lebih mudah melalui jalan off road. Selain itu, penguasaan medan atau trek.

"Bagi pengendara bebek tersebut, mungkin sudah menjadi kesehariannya melewati jalan tersebut. Jadi, tidak masalah dengan kondisi jalan seperti itu," ujar Agus, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Menurutnya, terkadang tidak semua pengendara off road bisa menguasai kendaraannya dalam trek tertentu, misalnya di jalur kubangan, berbatu, dan lainnya.

Baca juga: Hunter Pakai Baterai Motor Listrik Baru, Klaim Lebih Baik dari Li-Ion

Motor trail Honda CRF450RLDok. Honda Powersports Motor trail Honda CRF450RL

Namun selain kemampuan menanjak, hal yang juga diperhatikan dalam video tersebut ialah mengenai perlengkapan berkendara atau safety gear. Sebab dalam video terlihat sang bocah tanpa perlindungan standar.

Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan ada lima perlengkapan standar yang mesti dipakai pertama ialah helm, kemudian kacamata alias goggle, sepatu, body protector atau pelindung badan, dan sarung tangan.

“Namun, ada beberapa yang harus diperhatikan sebelum berkendara ke jalur off road, mulai dari menyiapkan sepeda motor yang prima hingga perlengkapan berkendara atau riding gear yang tepat,” ujar Ludhy dalam keterangan resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com