Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netizen Bertanya, Kenapa Mobil Google Maps Selalu Pakai Honda HR-V?

Kompas.com - 03/07/2023, 15:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial mengenai video mobil Google Maps tersasar di salah satu ruas jalan di Bogor. Video tersebut diunggah oleh akun Tiktok bernama @Sibodasjeje.

Dalam rekaman tersebut terlihat seorang pria mengendarai mobil Honda HR-V berwarna hitam dengan peralatan kamera untuk merekam jalan di bagian atapnya, bertanya rute jalan kepada warga sekitar. Pada narasi video itu dijelaskan bahwa sopir Google Maps salah jalan alias tersasar.

Sebelumnya, mobil Google Maps yang menggunakan Honda HR-V berwarna hitam dengan pelat nomor kendaraan yang berbeda juga sempat tersesat di area persawahan hingga harus dibantu untuk keluar dari lokasi tersebut oleh warga sekitar.

Baca juga: Video Viral Kecelakaan di Jalan Tol Layang MBZ, Hampir Keluar Pembatas

Hal ini pun memunculkan pertanyaan warganet mengapa mobil Google Maps kerap kali menggunakan mobil HR-V?

“Kenapa mobil Google Maps HR-V semua ya?” tulis akun YNTKTS.

“Kenapa ya mobilnya Google Maps pake HR-V,” tulis komentar William.

“Aku penasaran, kenapa kebanyakan mobil Google Maps itu HR-V di Indo maupun luar, ada yang bisa jelasin,” tulis akun BabangxSrii.

@sibodasjeje Jarang-jarang kan, ngasih petunjuk jalan ke Supir Google?! ???????????????? #fyp #masukberanda #yaris #google #viral #AQUADULU ? Monkeys Spinning Monkeys

Yusak Billy selaku Sales Marketing & Business Innovation Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan bahwa tidak ada kerja sama antara Honda dan pihak Google Maps.

“Kita tidak ada kerja sama dengan Google Maps. Mungkin mereka menggunakan Honda HR-V karena nyaman digunakan di segala medan jalan,” ucap Billy kepada Kompas.com, Minggu (2/6/2023).

Sebagai informasi, unit mobil Google Maps yang digunakan merupakan Honda HR-V generasi pertama yang meluncur di Indonesia. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.295 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.605 mm, dan wheelbase 2.610 mm.

Baca juga: Daftar Harga LSUV Bekas per Juli 2023 mulai Rp 63 Jutaan

Mobil ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yakni 185 mm, sehingga cukup mumpuni untuk digunakan di segala medan.

Dilansir dari berbagai sumber, Google juga sempat menggunakan merek lain untuk digunakan sebagai mobil Google Maps, mulai dari Hyundai (Santa Fe) hingga Chevrolet (Captiva).

Jika dilihat dari segmen mobil yang digunakan adalah sport utility vehicle (SUV). Hal ini bisa jadi karena mobil SUV cukup mumpuni di segala medan, mengingat kebutuhan mobil tersebut dalam melalui rute baru yang kondisinya tidak bisa ditebak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com