Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Baut Kendur, Piringan Rem Cakram Motor Ini Sampai Lepas

Kompas.com - 02/07/2023, 13:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sistem pengereman merupakan komponen penting yang harus selalu dijaga dalam kondisi prima. Tanpa pengereman yang baik, laju motor bakal sulit dihentikan dan bisa berujung fatal.

Seperti video yang diunggah akun TikTok @bagusrmdhn18, terlihat rem cakram sebuah sepeda motor yang lepas akibat penggantian spare part tidak sesuai prosedur.

Di mana cakram terlepas dari dudukannya, hingga membuat sistem rem depan tidak berfungsi. Alhasil, pengendara hanya bisa mengandalkan rem belakang sampai ke bengkel untuk penggantian komponen.

Baca juga: Pertamina dan Shell Naik, Berikut Daftar Harga BBM Juli 2023

@bagusrmdhn18 semoga kalian semua selalu dilindungi saat berkendara yah aamiin ???????? #fyp #vixionr #vixionkomorod #ModifikasiMotor #StoryAnakMotor ? original sound - @jôk:jôk:¹? - user02704818710

Endro Sutarno, People & Technical Development SiTEPAT (jaringan waralaba ban, oli, dan aki motor), mengatakan, ada beberapa sebab rem cakram sepeda motor terlepas sampai rontok.

Pertama, soal prosedur pengencangan baut yang mungkin terlewat. Sehingga titik tumpu pengereman di cakram menjadi tidak seimbang, hingga berujung pada rusaknya disc brake.

Selain itu, ada kemungkinan cakram sudah tipis dan berujung bengkok karena terus dipakai ketika kondisi sudah tak sempurna.

Baca juga: Video Viral Banyak Ranjau Paku di Jalan Protokol Jakarta

Piringan cakram dapat bengkok, patah, bahkan pecah jika dipaksakan untuk digunakan saat kondisinya tidak lagi prima,” ujar Endro, kepada Kompas.com belum lama ini.

Oleh sebab itu, Endro mengingkatkan agar pemilik mengganti piringan cakram bukan berdasarkan jarak tempuh atau usianya.

"Batas usia pakai cakram rem itu berdasarkan minimal ketebalannya. Segera ganti jika ketebalannya sudah melewati batas minimal supaya tidak terjadi cakram patah," ucap Endro.

Baca juga: Cerita Wanita Mobilnya Terjebak Tidak Bisa Keluar di Parkir Liar PRJ, Bayar 50.000

Ilustrasi rem cakram sepeda motorDok. DAM Ilustrasi rem cakram sepeda motor

Sementara itu, salah satu cara untuk menjaga piringan cakram agar berusia lebih panjang adalah menghindari penggunaan kampas rem imitasi.

"Selama pakai kampas rem yang orisinil maka cakram akan lebih awet," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com